Rektor LP2M/P3M PTKIN seindonesia sukses.

IMPIANNEWS.COM (Padang).
                                                                          Sub Direktorat (Subdit) Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kemeterian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) /Pusat Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M)  Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia di Rocky Hotel Padang 29-30/8/2019.

Kegiatan ini diikuti oleh para Ketua LP2M dari PTKIN seluruh Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang-Dr. H. Eka Putra Wirman, Lc, MA.

Dalam sambutannya, Eka Putra Wirman menuyampaikan bahwa LP2M/P3M adalah dapurnya PTKIN, terkait dengan fungsinya sebagai pengelola penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah.

Kelangkaan guru besar (profesor) di perguruan tinggi dewasa ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab LP2M/P3M dalam menyediakan fasilitas jurnal yang mempunyai reputasi baik nasional maupun internasional. Pada umumnya dosen yang ingin maju menjadin profesor terganjal oleh jurnal yang belum terindex scopus.

Di sisi lain PTKIN dituntut untuk melahirkan model-model pengabdian kepada masayaraklat yang bermutu, baik dalam kegiatan pengabdian dosen dan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa. Beberapa tahun yang lalu sudah ada model KKN Persemakmuran, sekarang ada KKN Dunia Melayu di Sumatera, dan KKN Terpadu dengan tema stanting. Ke depan diharapkan model-model pengabdian kepada masuyarakat ini semakin berkembang dan inovatif, pungkas Eka.

Sementara itu, Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam-Dr. Suwendi, MA memaparkan dalam sambutannya bahwa dewasa ini PTKIN sedang diarahkan untuk pengisian Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya melalui penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah. Tanpa penelitian, pengabdian, dan publikasi yang bermutu, tidak mungkin untuk menjadikan PTKIN sebagai lembaga yang memproduk pengetahuan.

Ketua LP2M Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang-Dr. Hj. Ulfatmi, M. Ag didampingi Sekretaris - Drs. H. Masrial, MA dan Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat-Testru Hendra, M. Ag mengungkapkan kebahagiaan dan kepuasannya sebagai tuan rumah pelaklsanaan rapat koordinasi tersebut.

“Kedepan kita berharap UIN Imam Bonjol Padang akan tetap menjadi tuan rumah berikutnya dan rapat-rapat lainnya” ungkap Ulfatmi.  Ay/G3 Humas UIN IB

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.