Pemkab Limapuluh Kota Revitalisasi Pasar Rakyat

IMPIANNEWS.COM
Lima Puluh Kota, --- Dalam rangka memenuhi ketersediaan saran prasarana yang layak, dan meningkatkan perekonomian melalui transaksi jual beli di pasar rakyat, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan revitalisasi pasar rakyat tak layak pakai.

Salah satu pasar yang diresmikan dan telah selesai pembangunannya yakni Pakan Raba'a, di Nagari Batu Hampa Kecamatan Akabiluru.

Bupati Lima Puluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP secara langsung meresmikan pasar, Jumat (06/09/2019).

Dalam sambutannya Bupati menyebutkan sudah 60 pasar yang berhasil dibangun di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Menurutnya pembangunan pasar perlu diprioritaskan, karena pasar menjadi pusat perekonomian dan untuk menghindari inflasi. Selain itu keberadaan pasar dapat mendukung upaya peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

" Jadi saya berharap masyarakat Batu Hampa dapat memanfaatkan dengan optimal pasar rakyat ini untuk menambah pendapatan masyarakat, dan juga mengajak masyarakat untuk menjaga pasar ini agar tetap bersih, indah, nyaman, dan aman." ujar Irfendi

Disisi lain Wali Nagari Batu Hampa Romi Suhadi sebelumnya menjelaskan Pakan Rabaa merupakan pusat perdagangan di Nagari Batu Hampa, selama ini ia merasa bahwa kondisi pasar memang kurang representatif, dan kurang layak untuk kategori pasar rakyat.

"Saya mewakili seluruh masyarakat Batu Hampa bersyukur dan sangat berterima kasih atas batuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota." ucap Romi.

Begitu juga disampaikan oleh Mahiyar Rahman selaku tokoh masyarakat di Nagari Batu Hampa menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota untuk bantuan revitalisasi pasar ini. Ia juga berharap bantuan kepada pemerintah untuk dapat memanfaatkan pasar secara maksimal, agar bangunan yang lama yang tak layak pakai bisa dibenahi atau dibongkar,

Dikesempatan yang sama, selain peresmian pasar rakyat Pakan Raba'a, Pemerintah dalam kesempatan ini Dinas Lingkungan Hidup dan Perumahan Rakyat juga memberikan bantuan rumah layak huni dan peletakan batu pertama program BSPS, dan penyerahan buku tabungan bantuan rumah  kepada masyarakat Batu Hampa sebesar 15 juta per kepala keluarga untuk dana rehab rumah.

Momen pemberian bantuan rumah layak huni ini di laksanakan dalam bentuk pemberian secara simbolis kunci dan buku tabungan kepada penerima bantuan, dimana diserahkankan langsung oleh Bupati, dan turut hadir menyaksikan acara adalah Kepala OPD terkait, Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Niniak Mamak dan masyarakat sekitar Nagari Batu Hampa.(rel/ul)

Post a Comment

0 Comments