Jinih Nan Ompek Jorong Balai Rupih di Kukuhkan

IMPIANNEWS.COM.


Balai Rupih - Limapuluh Kota, --- Jinih Nan Ompek (Imam, khatib, bila dan engkuluma, -minang) di jorong Balai Rupih kenagarian Simalanggang dikukuhkan. Pengukuhan berlangsung di mesjid Al Muttaqin, Minggu 1 September 2019. 

Jelang pelantikan berlangsung masing- masing  pengurus Jinih Nan Ompek diarak dari suraunya. Adapun nama-nama yang bertugas di Jinih Nan Ompek, Syamsimar selaku imam dari suku sembilan, Yazid Rusli selaku khatib dari suku  Chaniago, Erizon selaku Bila dari suku Melayu dan Zulfa selaku Engkuluma dari ompek niniak. 

Hadir  dalam pengukuhan MUI Kabupaten Limapuluhkota, Walinagari Simalanggang, Ketua KAN, Banmus, Bundo Kanduang dan masyarakat Balai Rupih.

Paniti acara pelantikan Yondrifel menyampaikan dimana pengurus Jinih Nan Ompek sebelumnya telah ada di mesjid Jorong Balai Rupih, dari pengurusan yang lama tersebut hingga pengurusan yang baru ini, Jinih Nan Ompek sempat fakum cukup lama. 

"Dengan kesepakatan bersama, Alhamdulillah diawal tahun baru Hijriyah 1441H pengurus Jinih Nan Ompek di Jorong Balai Rupih bisa dilantik kembali. Dengan telah dilantiknya empat tokoh masyarakat ini, menjadi Jinih Nan Ompek kami berharap kedepan nilai - nilai agama semakin kuat ditengah - tengah masyarakat,"harapnya.

Ahmad Wali Nagari Simalanggang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan masyarakat Jorong  Balai Rupih yang telah melantik kembali Jinih Nan Ompek. 

Ahmad berharap kerjasama semua pihak  sangat dibutuhkan untuk bisa mencapai harapan kita semua dalam memakmurkan mesjid,tidak hanya tugas Jinih Nan Ompek namun juga tugas kita  bersama dalam mensukseskan kerja mereka.

Ketua MUI kabupaten Limapuluhkota Safrijon yang diwakili oleh Gunawan Bufli mengatakan dirinya sambut baik dari pelantikan Jinih Nan Ompek. 

Gunawan jelaskan sesuai tugas dan kerja dari masing masing pengurus tersebut, Jinih Nan Ompek bisa dikatakan ruhnya sholat dalam kehidupan masyarakat Jorong Balai Rupih. Mereka inilah nanti yang akan memberikan contoh dan tauladan kepada generasi muda dan anak - anak  nantinya.

Sementara Ketua KAN kenagarian Simalanggang Faizal Dt.Sangko Dirajo usai melantik Jinih Nan Ompek menjelaskan, dengan adanya Jinih Nan Ompek semoga ini bisa memperkokoh kerukunan hidup beragama di nagari Simalanggang umumnya dan Jorong Balai Rupih Khususnya. 

Disamping itu dengan adanya pengurus Jinih Nan Ompek ini ketua KAN jelaskan secara tidak langsung sudah bertambah tokoh masyarakat untuk baiyo dan bamufakat dalam membicarakan kebaikan dan kemajuan nagari kedepannya.(ul)

Post a Comment

0 Comments