Berikut Produk Pertanian Unggulan Dipamerkan di Payakumbuh Agro Expo 2019

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Payakumbuh Agro Expo yang akan dibuka pada 16 September 2019 mendatang akan menampilkan hasil pertanian olahan yang sedang marak dan sedang naik daun di Payakumbuh. Semua produk unggulan tersebut merupakan hasil dari buah kerjasama antara Pemerintah dengan kelompok tani.

Ketua Pelaksana Joni Safasni yang lebih dikenal dengan panggilan Mosir, Rabu (11/9) siang mengatakan ada banyak produk pertanian unggulan Payakumbuh yang akan ditampilkan disini, seperti produk budidaya jamur tiram, sebuah komoditas yang pembudidayanya masih sedikit di Payakumbuh, namun permintaan jamur mentahnya alias yang belum diolah sangat luar biasa tinggi.

"Ya pembudidaya jamur tiram sangat menantikan ekspo ini untuk mengajak masyarakat membudidaya jamur dengan malakukan sosialiasi, kesempatan besar menunggu para pembudidaya jamur untuk bisa meningkatkan perekonomiannya dengan menjual produk yang peminatnya banyak di Riau," kata Mosir yang merupakan Ketua FKP3 (Forum Komunikasi Petani Peduli Payakumbuh).

Selain itu, dalam Agro Expo ini juga hadir Jeruk Jesigo (Jeruk Siam Gunuang Omeh), produk-produk kerajinan, kuliner olahan rendang, kuliner olahan Labu, dan kuliner khas Payakumbuh lainnya.

"Untuk peminat tanaman hias seperti anggrek, bonsai mini, dan tanaman unik lainnya juga bisa mencari koleksinya disini, bahkan Alumni Kampus Politani bersama mahasiswa akan ikut serta unjuk gigi," kata Mosir.

Dalam sebulan penuh ekspo, akan silih berganti para Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ikut menjual hasil taninya disini. Dimana ada pasar tani yang menjual bawang dari 3 kecamatan, Payakumbuh Barat, Selatan, dan Timur.

"Untuk petani dibawah naungan Pemko, ada dari KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan) menjual olahan utama seperti coklat seperti chokato, kerupuk ubi sanjai, jamur krispi, dan bunga-bungaan, bahkan apabila ada space nanti maka olahan lain bisa ditampilkan disini," kata Mosir menambahkan.

Bibit unggulan seperti labu, jambu, jeruk, durian, dan bawang nantinya dijual oleh asosiasi petani Payakumbuh.

"Khusus bibit pepaya, terong, cabe, dan bawang yang akan dibagikan oleh Pemko Payakumbuh, itu melalui UPTD dinas pertanian kepada kelompok-kelompok tani di Payakumbuh," pungkas Mosir.

Tanaman hidroponik turut ambil bagian dalam Payakumbuh Agro Expo, begitu banyak tanaman yang akan nimbrung di iven pertanian ini. (rel/ul)

Post a Comment

0 Comments