Angin Kencang Landa Kelurahan Koto Baru. Wawako Turun Tangan

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Sekura pukul 16.00 pada  Selasa (03/09/2019) sore, angin kencang disertai hujan lebat melanda kota Payakumbuh. Parahnya, angin kencang tersebut sempat merusak beberapa bangunan dan infrastruktur kelisttikan di Kelurahan Koto Baru, Kecamatan Payakumbuh Timur tepatnya di jalan Gajah Mada Lingkar Bypass.

Sejumlah atap dan kanopi rumah diterbangkan angin, termasuk tiang listrik nyaris roboh akibat peristiwa tersebut di depan Pondok Pasantren Insan Cendikia Bhoarding School Exellent, ex. LBPP LIA dan kawasan Kelurahan Tanjung Anau.

Bahkan ada kabel listrik yang sudah sampai ke badan jalan. Jaringan dan arus listrik pun harus diputus agar tidak menimbulkan masalah baru.

Akibat angin kencang, selain tiang listrik beberapa batang pohon ikut tumbang. Angin kencang ini juga mengakibatkan, berapa atap warga ikut diterbangi angin, hingga masuk sawah warga.
Wawako Erwin Yunaz nahkodai langsung penanganan dampak bencana angin kencang yang melanda Kelurahan Koto Baru KecamataPyk Timur

Adalah Agusman (60) salah seorang tokih masyarakat Kelurahan Kotobaru mengatakan angin kencang juga merobohkan tenda panitia pacu jawi (sapi,red), yang waktu itu sedang digelar. Dirasa warga, hujan dan angin kencang qkan berbahaya, iven pacu jawi terpaksa diundur minggu selanjutnya.

Kejadian hujan dan angin kencang mengakibatkan 11 tiang, dan mengeluarkan percikan api, dan juga pohon tumbang menutup jalan lingkung warga di RT I / RW I kelurahan Kotobaru.

Terkait musibah tersebut, Wakil walikota Erwin Yunaz memimpin langsung penanganan bencana bersama BPBD Kota Payakumbuh dibantu BPBD Kabupatrn Limapuluh Kota. Erwin Yunaz hadir meninjau langsung dampak musibah angin puting beliung di kelurahan Koto Baru Payakumbuh Timur.

Wawako Erwin Yunaz perintahkan langsung Sekdako Rida Ananda untuk berkoordinasi dan minta bantuan Pihak PLN. Karena hingga pukul 18.30 wib sebagian rumah di kelurahan itu masih mengalami pemadaman listrik

"Saat ini Lampu mati total disana,  sekarang Tim BPBD. Kita juga sudah koordinasi dengan pihak PLN,"terang Erwin Yunaz didampingi Kabid Penanggulangan Bencana Denitral.

Ditambahkan Denitral, kerusakan akibat musibah ini tampak pada :
1. STA
2. Lapau Dt. Jayo
3. Rumah Buk Yamsarni & Nurhayati
4. Pohon kelapa tumbang didepan rumah Buk Yamsarni

"Untuk pekerjaan perbaikan jaringan listrik sampai saat sekarang masih dikerjakan oleh PLN  wilayah Payakumbuh. Kami himbau warga agar bersabar dan tetap waspada kemungkinan yang tidak diinginkan.(ul)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.