Anggota DPRD Kota Payakumbuh Periode 2019 - 2024, Dilantik

IMPIANNEWS.COM.

Payakumbuh, --- Sebanyak 25 anggota DPRD Kota Payakumbuh hasil pemilihan umum tanggal 17 Mei 2019 hari ini dilantik dan dikukuhkan. Pengukuhan dilangsungkan di ruang rapat paripurna, lantai II Gedung Wakil Rakyat yang terletak di Jalan Soekarno Hatta kenagarian Koto Nan Ompek Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, Senin (02/09/2019).

Tampak dihadiri Gubernur Sumatera Barat (diwakili), Ketua DPRD Sumbar,  Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Walikota Erwin Yunaz, Forkopimda, Ketua PA, Danyon, Denzipur, Danden POM, Dandim 0306/50 Kota, jajaran Sekwan, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Muhammad Khadafi, Kepala Kankemenag, Kepala instansi Vertikal, pimpinan BUMN/D, pimpinan Parpol, Ketua KAN, Ketua Ormas, Wartawan dan undangan. 

Ikut hadir mantan Walikota dan Wakil Walikota, mantan anggota DPRD Payakumbuh, Muhammad Syamsudin perwakilan kerajaan Malaysia, Sekdakab Limapuluh Kota bersama Ketua DPRD dan undangan luar Payakumbuh. 

Dalam sambutan pembuka sidang paripurna, Ketua DPRD Payakumbuh periode 2014 - 2019, YB Dt Parmato Alam dalam sambutannya menyampaikan bahwa Paripurna yang dilangsungkan adalah kodrat Allah SWT. Dirinya juga menyampaikan ucapan Terima kasih kepada hadirin yang telah menghadiri undangan DPRD.

Dikatakan YB Dt Parmato Alam, bahwa waktu lima tahun ternyata berjalan cepat. Tepatnya Senin tanggal 1 September 2014, lalu dirinya dan 24 rekan kerjanya, disumpah bersama . Artinya saat itu, kami diamanhi Allah melalui kepercayaan rakyat. Dan kini tibalah saatnya kami melaporkan telah berakhirnya masa bhakti itu.

"DPRD dalam menunjang program Pemko Payakumbuh sejak tahun kerja 2014 - 2019 telah banyak melahirkan perda. Termasuk perda inisiatif dewan. Sebanyak 84 perda dilahirkan bersama lembaga eksekutif. 

Pada dasarnya, Perda mengandung tujuan utama untuk kesejahteraan rakyat dan pembangunan daerah secara dini. Harapan kami, perda Bukan lagi menjadi tujuan utama pemerintah, tapi terjiwainya perda itu pada semua pihak, lebih penting. 

Sehingga perda tersebut bisa mengayomi semua pihak,"sebut YB Dt Parmato Alam.
Dilanjutkan, Dalam melahirkan perda yang serba tol, terkadang ada kekurangan. Atas itu kami mohonkan maaf. Dan terima kasih atas respon dan dukungan serta partisipasi rakyat. 

"Perda bukan hasil karya DPRD sendiri, tapi ada dasar kerjasama dan sinergitas dengan Pemko Payakumbuh. Dalam hal ini Walikota Payakumbuh dan unsur terkait. Termasuk dengan aparat keamanan,"katanya yang sempat dicatat impiannews.com.

Surat Keputusan Pelantikan dan pengukuhan anggota DPRD Kota Payakumbuh dibacakan Sektetaris DPRD Elvi Jaya. Secara lantang dan tersimak publik, Elvi Jaya bacakan SK Gubernur Sumatera Barat Nomor : 171-560-219 tertanggal 7 Agustus 2019  tentang peresmian pemberhentian (sebagaimana pada lampiran I) dan pengangkatan (sebagaimana pada lampiran II) anggota DPRD Kota Payakumbuh.

Sementara, pelantikan dan pengukuhan anggota DPRD Kota Payakumbuh periode 2019 - 2024 diperanlan Ketua Pengadilan Negeri Indah Wastukencana Wulan dengan Rohaniawan Kanapi, dibuktikan dengan pengucapan sumpah jabatan dan penanda tanganan berita acara sumpah, dilanjutkan pemasangan pin.

Di kesempatan itu juga dilangsungkan pembacaan jabatan Ketua dan Wakil Ketua sementara DPRD Kota Payakumbuh oleh Sekwan Elvi Jaya. Ketua PKS Hamdi Agus didaulat sebagai Ketua DPRD dibantu Wulan Denura dari Partai Gerindra sebagai wakilnya. Sekaligus dalam kesempatan itu dilangsungkan pemindahan palu sidang dari Ketua DPRD lama kepada Ketua DPRD yang baru. Termasuk panitia mempersilahkan Hamdi Agus dan Wulan Denura menduduki kursi sesuai jabatannya.

Berikut nama - nama Anggota DPRD Payakumbuh periode 2019 - 2020, yang dilantik hari ini.

1. ZAINIR (PKB)
2. WULAN DENURA, S.ST (GERINDRA)
3. YERNITA (GERINDRA)
4. H. MAHARNIS ZUL, S.Pd (GOLKAR)
5. ISMET HARIUS, S.Sos (NASDEM)
6. HAMDI AGUS, S.T (PKS)
7. H. SUPARMAN, S. Pd (PKS)
8. Ir. H. AHMAD ZIFAL (PPP)
9. MESRAWATI (PAN)
10. Drs. SRI JOKO PURWANTO (DEMOKRAT)

DAPIL PAYAKUMBUH II :

1. MAWI ETEK ERIANTO (GERINDRA)
2. WIRMAN PUTRA, A.Md (GOLKAR)
3. AHMAD RIDHA, SH (NASDEM)
4. HERI ISWANDI, S.E. DT. RAJO MUNTIKO ALAM (PKS)
5. MUSTAFA (PKS)
6. H. ALHUDRI (PPP)
7. ARMEN FAINDAL, SH (DEMOKRAT)
8. SYAFRIZAL (PBB)

DAPIL PAYAKUMBUH III :

1. APRIZAL. M (GERINDRA)
2. YANUAR GAZALI, SE (PDIP)
3. H. YENDRI BODRA DT. PARMATO ALAM, SH (GOLKAR)
4. NASRUL (PKS)
5. EDWARD DF, S. Sos ( PPP)
6. OPETNAWATI (PAN)
7. FAHLEVI MAZNI (DEMOKRAT)

Sebagai Ketua DPRD yang baru, Hamdi Agus sampaikan sambutan perdananya. 

"Alhamdulillah dan Terima kasih kami aturkan. Dalam melanjutkan program dan menjalankan tupoksi, kami sebagai anggota DPRD, perwakilan suara dan aspirasi rakyat sebagaimana tertuang dalam regulasi sah, tentunya kami takkan bisa berjalan optimal tampa koordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan semua lini. Untuk itu, kita terbuka demi Payakumbuh. Mohon dukungan dan suport dari semua unsur. Mari kita bangun Payakumbuh sebagai kota kecintaan kita semua. Semoga Payakumbuh menjadi baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafuru, aamiin,"sambut perdana singkat Hamdi Agus 

Mewakili warga Payakumbuh dan jajaran Pemko Payakumbuh, Walikota Payakumbuh Ruza Falepi sampaikan selamat kepada Anggota DPRD yang baru dilantik. Tak lupa dirinya sampaikan terima.kasih kepada anghota DPRD yang lama atas koordinasi, sinergitas dengan Pemko Payakumbuh selama bertugas.

Ucapan selamat juga tampak disampaikan perwakilan dari Gubernur dan DPRD Provinsi Sumatera Barat. Tampak Irsyad Syafar dan Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo ijut sampaikan selamat.

Bukan saja ucapan selamat melalui papan bungan yang berjejer rapi di sepanjang jalan Soekarno Hatta dan pekaranga gedung rakyat, ucapan selamat juga disampaikan para undangan yang hadir dalam pelantikan siang itu.

Adalah Eri yang mengaku dari Kelurahan Taruko berharap anggota DPRD yang baru bisa lebih baik dan lebih gencar dibanding sebelumnya. Dirinya berharap kiranya anggota DPRD sekarang lebih disiplin waktu dan akrab dengan warga, khususnya bisa memperjuangkan aspirasi warga di daerah pilihnya.

"Kita berharap DPRD sekarang lebih cinta dengan warga. Terlebih lagi disiplin waktu,"ujarnya. (ul)

Post a Comment

0 Comments