Rumah Gadang Jadi Kebanggaan Rang Ranah.

Rumah Gadang tempat menyatukan anak rang ranah minangkabau
IMPIANNEWS.COM (Padang).

Ingat rumah Gadang Rang Ranah Minangkabau atau rumah adat, Kita semua ini penguninya, tentu harus kita jaga dan pelihara dengan baik nama rumah gadang tersebut, dimanapun kita berada, baik dinegeri orang atau merantau.

Rumah Gadang tempat menyatukan anak rang ranah minangkabau, dari berbagai persoalan hidup dilalui, baik suka dan dukanya, dirumah gadanglah tempat cari solusinya, dengan cara musyawarah dan mufakat sebagai landasannya. hasil dari musyawarah dan mufakat inilah sebagai sebuah keputusan yang tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun.

Maka itu, marwah Orang Minangkabau sudah dikenal dipenjuru nusantara bahkan di dunia internasional sebab orang minangkabau itu dalam ambil keputusan dari hasil musyawarah dan mufakat, Sehingga orang ranah sangat kreatif, cerdas dan memiliki inovasi, suka tantangan serta senang dengan berbagai perubahan kearah yang lebih baik.

Diharapkan bagi Rang  Ranah Minangkabau  yang sukses dirantau jangan pernah lupakan Rumah Gadang tempat dibesarkan dan tempat pembinaan mental, berkarakter, untuk memperkuat kepercayaan diri bila akan  merantau, di bekali dengan ajaran agama, agar jiwa dan hatinya tak mudah terpengaruh dengan perbuatan maksiat, sehingga kemanapun merantau Rang Ranah sebagian besar diterima orang.

Orang Minangkabau sangat mudah diajak bicara, cepat menyesuaikan diri dengan siapapun di lingkungan dimana dia berada, selalu memelihara tata krama, sikap dan saling menghargai orang, tak pandang bulu, baik kaya dan miskin. 

Jadi kehidupan Rang Ranah sebagian besar jadi pengusaha, berdagang, Bidang jasa, kalau di ranah sendiri bertani, berkebun dan sebagainya, tapi sebagian besar sangat hobby jadi pengusaha, banyak yang sukses dan beruntung dirantau orang.

Kita tahu, orang Ranah Minang bagi anak lelakinya sangat hobby merantau untuk cari pekerjaan atau berusaha sendiri  seperti berjualan atau berdagang, di negeri orang.berharap akan jadi sukses. biar tinggalkan kampung halaman untuk sementara.

Sebuah kesuksesan tidak mudah di dapat harus lewat perjuangan, tekat, semangat dan kemauan keras, semuanya itu telah ada dalam raga  bagi anak Rang Ranah Minangkabau.(tf)

Post a Comment

0 Comments