KKN-PPM, UIN Angkatan 45 Tahun 2019 Dinagara Pakan Rabaa Timur

disampaikan oleh Wali Nagari setempat yang diwakili oleh Sekretaris Nagari-Mulyadi, S. Pd dalam kegiatan monitoring dan evaluasi
IMPIANNEWS.COM (Padang).

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Angkatan 45 tahun 2019 berjalan dengan sukses dan lancar yang diikuti okeh 22 orang mahasiswa di Nagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan Parik Gadang Di Ateh Kanipaten Solok Selatan dari tanggal 17 Juli 2019 dan akan berakhir pada tanggal 22 Agustus 2019 yang terpencar di empat Kejorongan.

Demikian disampaikan oleh Wali Nagari setempat yang diwakili oleh Sekretaris Nagari-Mulyadi, S. Pd dalam kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Imam Bonjol Padang pada hari Rabu, 14/8 / 2019 yang dipimpin oleh Sekretaris LP2M Drs. H. Masrial, MA didampingi oleh Kepala Pusat (Kapus) Pengabdian Kepada Masyarakat-Testru Hendra, M. Ag, Ketua Panitia KKN-PPM-Drs. Saharman, MA dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha-Jamalis, S. Ag.    

                                                                            Kami sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa UIN Imam Bonjol di nagari kami, terutama untuk kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran, kegiatan remaja masjid, wirid pengajian, dan juga dalam rangka mempersiapkan kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019. 

Selama ini guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) kami sangat terbatas, tidak mempunyai buku panduan bahan ajar TPA. Mahasiswa KKN sangat akrab dengan masyarakat kami. Kami selaku Pemerintah Nagari dan masyarakat Nagari Pakan Rabaa Timur akan sangat sedih dan kehilangan ketika mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ini meninggalkan nagari kami dan kembali ke kampus. Rasanya waktu selama 35 hari terasa sangat singkat untuk melaksanakan KKN, tukuk Mulyadi mengakhiri pernyataannya.

Sementara itu, Drs. H. Masrial, MA-Sekretaris LP2M UIN Imam Bonjol menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Pemerintah Nagari Pakan Rabaa Timur dan masyarakatnya yang telah menerima dan memfasilitasi mahasiswa kami selama mengikuti program KKN-PPM. 

Harapan kami anak-anak kita di nagari ini ke depan dapat  belajar di Madrasah Diniyah Awaliyah/Wustha (MDA/W) di samping mengikuti pelajaran di sekolah atau madrasah. Atau mengikuti program pesantren (mondok) di tingkat tsanawiyah dan setelah itu melanjutkan pendidikan ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan sesuai dengan bakat dan minat siswa tersebut.

 Sehingga kecerdasan spritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan sosial siswa dapat diasah sejak dini disamping kecerdasan intelejensinya. 

Dengan persiapan yang sangat matang terhadap anak-anak kita diharapkan mereka mampu menghadapi berbagai tantangan yang semakin komplek di masa mendatang. Karena generasi muda kita tidak hanya cukup dengan kecerdasan intelijensianya saja imbuh Masrial. 

Kemudian kepada mahasiswa peserta KKN-PPM menyampaikan harapan-harapannya untuk mengambil pelajaran dan pengalaman selama di nagari ini. Bagaimana anak-anak kita di nagari ini mampu membaca Al-Quran dengan baik dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, dan jangan lupa membuat laporan sesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan.

 Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat-Testru Hendra, M. Ag dalam kesempatan itu menyampaikan harapannya, semoga dengan KKN-PPM ini akan menambah kemampuan mahasiswa dalam menghadapi berbagai persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Kelompok KKN-PPM Refika Yandi (mahasiswa Bimbingan Konseling Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi) dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kami telah aktif melaksanakan bimbingan di TPA, bimbingan tahsinul Quran, memotivasi masyarakat untuk melaksanakan sholat berjamaah dan aktif sebagai khatib Jumat dan Hari Raya Idul Adha di lima masjid yang ada di Nagari Pakan Rabaa Timur ini. 

Di samping itu kami juga aktif dalam kegiatan persiapan perayaan HUT RI  ke 74 tahun 2019. Kami sangat bersyukur bisa KKN di nagari ini, karena semua unsur pemerintah dan masyarakatnya sangat ramah dan antusias mengikuti program bersama-sama dengan kami.

Lepas dari Nagari Pakan Rabaa Timur, Tim Monev KKN-PPM melanjutkan perjalanan ke Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu . Ay / HumasUINIB