JJS Ala Puskesmas Tarok, Warga Cerdik dan Tangguh Jadi Prioritas Sehat

Camat Payakumbuh Utara, Nurdal tinjau pelaksanaan JJS di Pekarangan Mesjid Baiturrahman Padang Kaduduak.
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh beserta jajarannya semakin intens melakukan penyuluhan dan pembinaan PHBS terhadap masyarakat guna menciptakan masyarakat Kota Payakumbuh yang sehat jasmani rohani.

Dikaji lebih sempit yaitu di Puskesmas Tarok. Puskesmas Tarok yang dipimpin Sisri Maryanti, SKM dengan wilayah kerja Kecamatan Payakumbuh Utara menerapkan inovasi yang dinamai JJS alias Jemaah Jumat Sehat. Program JJS ini mendapat apresiasi positif dari Walikota melalui Camat Payakumbuh Utara, Nurdal saat meninjau pelaksanaan JJS tqhap III di Mesjid Baiturrahman Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diateh

"Kita sangat apresiasi dan sangat mendukung program JJS yang diterapkan Puskesmas Tarok. Ini merupakan salah satu langkah mengantisipasi dan pedeksian penyakit yang diderita warga. Selain itu, jajaran dinas kesehatan bisa meninjau langsung kondisi dan taraf kesehatan warga di wilayah kerjanya,"apresiasi Camat Payakumbuh Utara Nurdal, Jumat (30/08/2019)

Salah seorang warga yang sedang mendapatkan pemeriksaan kesehatan, Hj Irianis (61) warga padang kaduduak yang tidak jauh dari lingkungan mesjid mengutarakan bajwa pemeriksaan kesehatan sudah menjadi kebutuhan rutin 6 bulanan baginya.

Kalau kita sudah memasuki usia pra lansia, kesehatan kita harus dijaga ekstra. Kita harus tau kondisi kesehatan kita. Saat ini saya menjalani pemeriksaan. Ada perasaan ngilu pada kaki atau tungkai. Kemungkinan disebabkan berat badan tak sebanding dengan tinggi dan lingkaran perut atau lainnya. Terima kasih puskesmas Tarok, lanjutkan program ini. Disamping bersilaturahim, warga kita semakin sehat dalam mengabdikan diri sebagai hamba dan sebagai warga sosial,"ujar Hj Irianis.

Ditemui di sela pelaksanaan JJS, Kepala Puskesmas Tarok Sisri Mariyenti, S.KM menyebutkan bahwa kegiatan JJS sudah dilangsungkan selama 3 kali. Kegiatan bulanan perdana dilangsungkan terhadap 74 jemaah shalat jumat di mesjid Amaliah Muaro, kegiatan bulan kedua dilangsungkan terhadap 57 jemaah jumat mesjid gadang koto nan gadang.

"Disamping menjalankan tupoksi Puskesmas Tarok, JJS bertujuan untuk mendeteksi tingkat kesehatan warga di wilayah kerja kami. Sasaran usia JJS yang dilaksanakan usai shalat Jumat adalah warga berusia diatas 15 tahun. Bulan ketiga kita laksanakan di Mesjid Padang Kaduduak diikuti 96 jemaah usai shalat Jumat. Momen ini kita lakukan pemeriksaan atau deteksi dini penyakit tidak menular, seperti penyakit hipertensi, diabetes melitus, dll. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain Pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaan Smokeanalyzer, Pemeriksaan Labor, Pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan, Lingkar Perut dan Konsultasi Gizi,"terang Sisri.

Diakhir penjelasannnya, Kepala Puskesmas Tarok sampaikan ajakan dan himbauan. "Marilah kita menjadi insan yang CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres).

"Ayo Mari Kita Jaga Kesehatan Kita !. Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati. Demikian, Salam Sehat. Sahabat TANGGUH (Tanggap, Adil, Nyaman, Gesit, Gigih, Unggul dan Harmoni),"tandas Sisri.(ul)

Post a Comment

0 Comments