Sesuci Tahun Baru Islam, Jemaah Haji Kota Payakumbuh Pulang Dari Tanah Suci

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, ---  Usai menjalani prosesi ibadah haji sebagai rukun islam kelima bertolak ke Bandara Arab Saudi kembali ke tanah air. 

Semulia dan sucinya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H, Sekira pukul 14.10 Wib Jemaah haji Kota Payakumbuh mendarat di Bandar udara Internasional Minangkabau (BIM) dan disambut langsung Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri bersama Walikota Payakumbuh dan Kepala Kankemenag Jufrimal. 

Semua jemaah yang tergabung dalam kloter 15 Debarkasi Padang disalami Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H Hendri. Tak terkecuali TPHD, TPHI, Tim Kesehatan Haji Indonesia, Paramedis dan jemaah.

Setelah menjalani sekalian proses di BIM, sekira pukul 16.10 Wib rombongan bus jemaah dipandu voreigder Polda Sumbar bertolak menuju Asrama Debarkasi Haji Padang. Kedatangan jemaah haji kloter 15 disambut Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten II Sekdaprov Benni Warlis dan unsur forkopimda dan petugas debarkasi.

"Selamat datang di tanah air tercinta, bumi Minangkabau provinsi Sumatera Barat. Semoga saudaraku yang baru saja menunaikan rukun islam kelima mendapat berkah haji mabrur dan mabrurah,"sambut panitia haji Provinsi Sumatera Barat.

Pengembalian jemaah haji kepada kepala daerah dilakukan Asisten II Sekdaprov Sumbar Benni Warlis sekira pukul 17.10 Wib, didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri, Forkopimda dan pejabat terkait. Selain Walikota Payakumbuh diwakili, juga tampak hadir Walikota Pariaman dan jajaran.

Usai istirahat, 244 jemaah haji Kota Payakumbuh mulai menaiki bus NPM Vacansa dan bertolak menuju Payakumbuh, sekira pukul 17.30 Wib.

Walikota Payakumbuh diwakili Kabag Kesra Ul Fakhri saat dimintai informasi membenarkan bahwa jemaah haji Kota Payakumbuh sudah bertolak menuju kampung halaman  setelah sebelumnya kedatangan jamaah haji Kota Payakumbuh yang tergabung dalam kloter 15 Debarkasi Padang, Sabtu 31 Agustus 2019 disambut dan dilepas Gubernur Sumbar.

"Alhamdulillah seluruh jamaah selamat kembali ke kampung halaman. Semoga menjadi haji yang mabrur dan membawa keberkahan untuk daerah Payakumbuh, aamiin,"terang Ul Fakhri via seluler, Sabtu (31/08/2019) malam.
Informasi senada juga disampaikan Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, Jufrimal saat dikomfirmasi media terkait kondisi terkini jemaah haji.

"Informasi terakhir jemaah haji sedang berhenti sejenak untuk buang air di INS Kayu Tanam dan selanjutnya bertolak ke kota Padang Panjang. Sekarang jemaah sudah di Bukittinggi arah ke Payakumbuh. Dan jamaah haji diturunkan di pelataran parkir Lapangan Kubu Gadang, sebagaimana mufakat panitia haji daerah Payakumbuh, sebelumnya,"terang Jufrimal di selulernya.

Terpisah, di lapangan Kubu Gadang sendiri, seribuan warga padati pelateran parkir setia menunggu anggota keluarga pulang dari tanah suci.

Proses penyambutan jemaah haji di lokasi ini dipimpin Sekdako Rida Ananda bersama beberapa pimpinan opd terkait dan tim gabungan.

Post a Comment

0 Comments