Wabup Ferizal Ridwan Kunjungi Makam Syuhada Sebelum Berhaji

IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota, --- Meski pagi itu mentari seakan masih engan untuk memancarkan sinarnya, namun tidak sedikit pun menyurutkan niat dan langkah kami untuk segera bersiap, melaksanakan aktifitas ziarah ke makam para syuhada, syekh, tokoh dan Kiai serta orang yang dikeramatkan di Kabupaten Limapuluh Kota, bersama Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan.

Sebetulnya, ziarah makam ini merupakan dalam rangka Walimatussafar atau silaturahmi sebelum berangkat haji, Wabup Ferizal Ridwan yang Insya Allah akan berangkat ke tanah suci pada tanggal 14 Juli 2019 ini.

Jam masih menunjukkan pukul 06.42 Wib, perjalanan kami awali menuju makam para tokoh, termasuk makam Haji Piobang yang berada di Nagari Piobang, kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota.

Sebagaimana kita ketahui, Haji Piobang merupakan seorang ulama besar dan tokoh gerakan Paderi pada Abad ke 18. Dari berbagai referensi dan litelratur sejarah disebutkan, bahwa beliau pernah berkiprah dengan pangkat Kolonel semasa perang melawan Napoleon Bonaparte di  Kairo Mesir tahun 1798. 

Selain itu, sosok Haji piobang juga dikenail sebagai pimpinan agama yang sangat keras memperjuangkan agama Islam dan tegaknya syariat islam. 

Usai berziarah dan menghadiahkan doa di makam Haji Piobang, perjalanan dilanjutkan ke makam pahlawan nasional Tan Malaka di Nagari Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan siangnya langsung menuju Surau Tuo di Nagari Taram, Kecamatan Harau, untuk berziarah ke makam Tuan Syekh dan Syekh Muhammad Nurdin.

Saking sakralnya ziarah makam sambil berwisata religi menambah wawasan dan ilmu sejarah, tak terasa hari sudah beranjak sore, dan perjalanan bersama Wabup Ferizal Ridwan kami teruskan menuju makam keturunan ayah handa dari sang Proklamator Muhammad Hatta, yang berada di komplek Pondok Pesantren Al Manar Batuhampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut pria yang akrab disapa Buya itu, safari religi ini merupakan bagian dari Walimatussafar dengan para keturunan kiai dan syuhada serta para tokoh yang ada di Kabupaten Limapuluh kota, sembari menjalin hubungan batiniah memohon doa dengan segala kelebiah yang dimilikinya, sembari berharap kepada yang maha kuasa.

Untuk itu, salain agar dinaungi kebarokahan, dia juga berharap, selaku Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yang akan berangkat haji, paling tidak dengan bersilaturahmi, akan merekat kembali hubungan yang selama ini hilang dan terputus.

"Mudah mudahan ditangan kami, Insya Allah jaringn itu ditautkan kembali, dan ada manfaat serta kebajikan untuk kita berbuat baik dan menebarkan kebaikan dimasa yang akan datang," ucapnya kepada kami disela-sela perjalanan, Sabtu, (13/7/2019).

Disisi lain Ferizal Ridwan juga meyakini, dengan perjalanan safari religi ini akan muncul enargi bagi Kabupaten Limapuluh Kota untuk menyuarakan kepada dunia betapa besar jasa dari para Syuhada tersebut.

Sebelumnya, pada hari Jumat, tanggal 12 Juli kemaren, diketahui Wakil Bupati yang dikenal dekat dengan para ulama ini juga mengadakan acara tasyakuran Haji di tanah kelahirannya jorong Tanjuang Gadang Rumah, nagari Tanjuang Gadang, Kecamatan Lareh Sago Halaban bersama masyarakat dan dilanjutkan dengan ziarah makam datuk, tetua dan termasuk ibunda dan nenek serta keluarga besar.

Sesungguhnya, segala sesuatu akan baik ketika manusia pun juga memulai kebaikan dari dirinya sendiri. Dengan niat hanya meraih ridho Allah Ta'ala, maka kebarokahan akan menaungi setiap insan manusia yang beriman kepada sang Khaliq. (rel/ul)