Tekan Penularan DBD, Puskesmas Tarok Gelar Fogging di Tanjung Enau

IMPIANNEWS.COM.

Payakumbuh, --- Tekan angka penularan penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD), Lurah Ompang Tanah Sirah melalui Kepala Puskesmas Pembantu Tanjung Enau Khairirati, A. Md Keb bekerjasama dengan Kepala Puskesmas Tarok menggelar pengasapan atau fogging di RT I RW I Tanjung Enau guna membasmi perkembangan wabah DBD yang disebabkan nyamuk aides aigifty di daearah itu.

Informasi yang kami dapatkan langsung Kepala Pustu Khairirati, pada Rabu (03/07/2019) sore membenarkan bahwa ada warga binaannya yang terjangkit DBD.

"Dari data yang kami dapatkan, ada 4 warga kita yang terduga terjangkit DBD. Kami meminta agar warga ekstra hati hati dan waspada, pertukaran musim hujan ke musim panas (kemarau) adalah dimana wabah penyebaran jentik nyamuk aides aigifty merebak. Untuk itu kami mengajak warga mengaplikasikan 3M, Memutup, Menguras dan Menguburkan wadah yang bisa menampung air."terang bidan yang akrab disapa Riri ini.

"Insyaallah besok pagi tim kesehatan dari Puskesmas Tarok akan melakukan fogging di Tanjung Enau ini. Kami harapkan kerjasama warga,"singkatnya sembari melakukan pelayanan pengobatan warga.

Ternyata apa yang diinformasikan Kepala Pustu Tanjung Enau benar, pada Kamis (04/07/2019) sekira pukul 07.00 pagi tim fogging.

Turut hadir mendampingi Lurah Ompang Tanah Sirah, Erizal diwakili Kasi Kesos Netra.

"Kabar yang kami terima dari Kepala Pustu Tanjung Enau bahwa tim kesehatan dari Puskesmas Tarok akan hadir melakukan fogging. Tentunya kita sangat berterima kasih dan siap mendampingi. Kami lihat warga sangat mendukung dan mau bekerjasama. Semoga dengan aksi ini daerah kita terbebas dari DBD kedepannya. Semua tak terlepas dari kesadaran PHBS dan koordinasi timbal balik.

"Kami selalu berharap warga kian aktif dalam koordinasi, sehingga masalah dapat kita tuntaskan bersama,"terang singkatnya. (ul)