Sambut PDB, Defi Marlitra : Selamat Bergabung di SMPN 1 Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Awal dimulainya Proses Belajar Mengajar (PBM) di tahun ajaran 2019/2020, ratusan Peserta Didik Baru (PDB) hadir bergabung di SMPN 1 Payakumbuh yang tergolong SMP tertua di Kota Payakumbuh. 

Selain tua, sekolah yang terletak di jantung Kota Payakumbuh ini juga terkenal dengan keberadaan bangunan tua yang tercatat sebagai cagar budaya yang masih terjaga dengan baik keasriannya.

Tampil sebagai pembuka tahun ajaran baru, Kepala SMPN 1 Payakumbuh Defi Marlitra bertindak sebagai inspektur upacara bendera Senin pagi.

Dihadapan seribuan murid mulai dari kelas VII hingga kelas IX, Defi Marlitra pada Senin pagi (15/07/2019) dalam amanatnya mengucapkan selamat datang PDB dan selamat kembali ke sekolah kepada siswa kelas tinggi.

"Bismillahirohmanirohim. Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh keluarga besar SMPN 1 Payakumbuh pada tahun palajaran 2019/2020, terutama kepada pesera didik baru. Semoga pertemuan awal kita ini diridhoi Allah dan dijadikan amal ibadah untuk kita semua,"Defi Marlitra awali amanatnya.

Dikatakan Defi, saat ini kita audah satu keluarga besar di SMPN 1 Payakumbuh. Dirinya menghimbau peserta upacara untuk bersama melanjutkan sukses dan prestasi yang telah dituai selama ini. Dirinya juga mengingatkan akan pentingnya nilai disiplin dalam segala lini. Tak lupa Defi berpesan kepada siswa kelas tinggi agar membimbing dan membina adik kelasnya.

"Sekali lagi, selamat bergabung dan mari kita jadikan ini sebagai awal yang baik untuk mencapai kesuksesan,"pungkas Defi.

Usai pelaksanaan upacara yang dilakoni pengurus OSIS, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan kampus kepada peserta didik baru. Sebagaimana dijelaskan Waka Kurikulum, Hj. Syofwarni, bahwa selama 3 hari PDB akan jalani serangkaian kegiatan pengenalan kampus.

"Pengenalan kampus bagi PDB, kita isi dengan kegiatan yang mengedepankan pembelajaran dan pendidikan kedisiplinan, keagamaan, kebersamaan, kebiasaan berjemaah dalam shalat dhuha dan Dzuhur, pembinaan di TPA / TPSQ, hafalan ayat, forum an nisa dan forum ar rijal. Semua kegiatan dibawah pendampingan guru dan waka,"jelas Syofwarni.

Dikatakan Waka Kurikulum bahwa di tahun ajaran 2019/2020 ini, pihak SMPN 1 Payakumbuh akan menerapkan kontrak belajar.

" Tahun Pelajaran ini sekolah membuat kontrak belajar dengan siswa yang berisi 10 poin aturan dan larangan yang sudah menjadi tata tertib di SMPN 1 Payakumbuh. Kontrak belajar ini diketahui orangtua siswa, walikelas, waka kur, Komite dan Kepsek. Selain itu, nantinya ada daftar catatan khusus bagi anak-anak kita yang kerap melanggar aturan atau yang bermasalah di sekolah,"imbuhnya.

"Tentunya setiap aturan pasti ada konsekuensinya. Kami berharap adanya kerjasama yang baik antara 3 unsur penting tersebut, sehingga PBM anak-anak kita di SMPN 1 Payakumbuh berjalan optimal sebagaimana harapan kita semua,"tandasnya.