S-400 Rusia Dimiliki Turki

Sistem rudal pertahanan udara S-400 canggih di lokasi yang dirahasiakan di Rusia. (Foto oleh kantor berita Sputnik)

IMPIANNEWS.COM (Angkara)

Sistem pertahanan S-400 Rusia pertama yang dibeli Ankara mulai dimuat ke pesawat kargo pada Minggu (7/7) dan tiba di Turki beberapa hari kemudian.

Washington sudah mengatakan bahwa sanksi (AS) akan diberlakukan di negara itu saat baterai rudal tiba di sekutu NATO Turki.

"Pengiriman S-400 awal akan dikirim dengan dua pesawat kargo dari pangkalan udara militer Rusia," kata Haberturk tanpa mengutip sumber.
Juga dilaporkan bahwa tim teknis Rusia yang akan mengawasi pemasangannya diperkirakan akan tiba di Turki pada Senin (8/7).

Turki dan AS berselisih mengenai keputusan Ankara mendatangkan S-400, yang Washington katakan tidak kompatibel dengan infrastruktut pertahanan NATO dan dapat membahayakan sistem lainnya, termasuk F-35.

Washington juga secara resmi menghentikan pelatihan pilot Turki dari program F-35, yang dibuat oleh Lockheed Martin Corp.

Sanksi yang berlaku di Turki dan menghentikannya dari program F-35 akan menjadi salah satu keretakan signifikan dalam sejarah baru-baru ini dalam hubungan antara kedua negara.


[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.