Nagari Taram Melaju ke Tingkat Nasional

IMPIANNEWS.COM
LIMAPULUH KOTA,  --- Setelah dinobatkan sebagai nagari terbaik pertama dalam lomba nagari berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat.  Nagari Taram Kabupaten Limapuluh Kota siap menjadi yang terbaik di tingkat nasional tahun 2019.

Kesiapan ini dinyatakan walinagari Taram,  Defrianto Ifkar kepada tim  penilai nagari/kelurahan berprestasi Regional/Nasional ketika melakukan penilain di nagari Tersebut, Selasa (16/7/2019). 

Tim penilai ini diketuai, Raden Roro Devriana Delvi didampingi Elly Rahmawati, Marzini Bur, dan Amelinda Ayu.

"Ini bukan hanya sekedar merebut juara, tetapi bagaimana memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada masyarakat dengan inovasi-inovasi yang telah diciptakan,"ujarnya

Menurutnya, beberapa inovasi yang telah dilakukan di nagarinya bertujuan dalam rangka meningkatkan pembangun di berbagai aspek, seperti kesahatan, pertanian, pendidikan, dan kepariwisataan. 

"Masih banyak potensi yang bisa diwujudkan di nagari ini. Seperti peningkatan Sumber Daya Manusia melalui bidang pendidikan dan kesehatan,"ungkapnya.

Ketua tim penilai lomba desa berprestasi Regional/Nasional, Raden Roro Dervi Diana dalam sambutannya  mengatakan penilain ini merupakan lanjutan dari penilai desa berprestasi tingkat provinsi. 

"Untuk itu,  kedatangan kami disini untuk mengklarifikasi data yang sudah dikirim ke pusat. Terimakasih dan apresiasi kepada jajaran provinsi/kota dan seluruh masyarakat yang telah berjuang menyiapkan semua ini, sehingga masuk kedalam lomba Desa Nasional Regional Satu,"ujarnya. 

Menurutnya,  keberhasilan nagari Taram masuk dalam lomba desa berprestasi Regional Nasional sudah menjadi kebanggan bagi masyarakat. Pasalnya,  nagari ini sudah tercatat sebagai desa/nagari 5 besar terbaik dari 10 Provinsi di tingkat regional.  "Ini prestasi yang luar biasa, termasuk dukungan dari kepala daerah.  Semoga kedepannya nagari ini bisa menjadi yang terbaik,"harapnya. 

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan ini dalam rangka mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada di desa, serta usaha pembangunan yang dilaksanakan dan mewujudkan peningkatan kualitas masyarakat pada aspek penyelenggaraan pemerintahan pembangunan kewilayahan.

"Termasuk pembinaan kemasyarakatan dan wahana apresiasi berupa penghargaan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada pemerintah desa dan kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan desa dan kelurahan,"ungkapnya. 

Menurutnya, dalam tahap kali ini pihaknya akan memperdalam terkait dengan tata kelola pemerintahan kewilayahan dan kemasyarakatan serta inisiatif inovasi yang telah dilakukan desa berprestasi untuk mendorong pengembangan pelayanan publik, penataan kewilayahan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat maupun produk-produk unggulan yang telah dikembangkan di desa. 

Dirinya juga meminta, pemerintah  daerah secara terus-menerus dan berkelanjutan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap desa dan kelurahan tersebut. "Apapun hasil dari penilaian ini nantinya,  besar harapan kami bahwa desa atau kelurahan yang telah menjadi juara tingkat provinsi terus tertata lebih baik lagi dan meningkatkan kinerja pemerintahan kewilayahan dan kemasyarakatan dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Sehingga menjadi contoh dan tauladan bagi desa dan kelurahan lainnya,"jelasnya

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota,  Irfendi Arbi dalan sambutannya mengatakan harapan yang sama, berharap agar nagari Taram ini bisa menjadi terbaik di Nasional.  Menurutnya, beberapa inovasi dan program yang telah diciptakan patut rasanya Taram menjadi desa berprestasi di Sumbar. 

"Telah banyak kontribusi positif yang diberikan nagari Taram terhadap masyarakatnya. Kita sangat mengapresiasi hal ini, karena dengan hal tersebut perekonomian masyarakat berjalan baik,"jelasnya. 

Ia juga meminta agar masyarakat nagari Taram ketika dilakukan klarifikasi oleh tim penilai agar memberikan keterangan sesesui dengan keadaanya sebenarnya. "Berikan jawaban yang sesuai dengan sebenarnya. Karena kita yakin,  dengan inovasi dan program yang dilakukan selama ini yang telah berjalan dengan baik akan berhasil mengatarkan nagari Taram menjadi nomor Satu di tingkat Nasional,"tutupnya. (rel/ul)