Atasi Permasalahan dan Kesehatan Remaja, Puskesmas Alai Lahirkan Si Walija

IMPIANNEWS.COM (Padang) -- Demi lebih meningkatkan lagi pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Puskesmas Alai, Kecamatan Padang Utara telah melahirkan sebuah inovasi baru yang dinamai Aplikasi WhatsApp  Messenger Peduli Remaja atau Si Walija. Inovasi tersebut diperkenalkan Kepala Puskesmas Alai drg. Yenni dalam kegiatan diseminasi informasi bersama Diskominfo Padang di Media Center Balaikota, Rabu (10/7).

Drg. Yenni mengatakan, melalui Si Walija, masyarakat terutama remaja dan usia produktif seperti murid SMA dan SMP yang ada di Kota Padang dapat terbantu tak hanya dalam hal kesehatan juga untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dirasakan. Diantara beberapa masalah itu biasanya penyalahgunaan narkoba dan rokok, bullying atau tawuran, menikah dan hamil muda, anemia atau kurang gizi, serta penyakit dan permasalahan lainnya.

"Sehingga diharapkan, menghadirkan solusi bagi remaja yang memiliki permasalahan tersebut dan nantinya merasa senang dan puas sebab masalahnya telah teratasi. Caranya yaitu, silahkan bergabung ke dalam WhatsApp Group (WAG) Si Walija dengan meminta gabung lewat chat ke nomor WA 082172946898. Di situ nantinya seluruh anggota grup bisa bertemu teman yang peduli remaja, lalu curhat tanpa takut dibocorin dan terlebih bisa cek kesehatan,” terangnya.

Drg Yenni pun berharap inovasi Si Walija dapat diterima masyarakat. Dan ia pun juga berharap upaya ini nantinya bisa dijadikan sebuah kebijakan bagi semua Puskesmas di Kota Padang.

“Karena dengan inovasi ini melihatkan kepedulian Puskesmas terhadap kesehatan remaja dan juga permasalahan remaja lainnya ke depan,” sebutnya.

Dalam pelayanan Si Walija Puskesmas Alai ini kata Yenni, juga menyediakan layanan koseling lewat WA. Dalam proses konseling ini bersifat rahasia antara klien dengan konselor dengan maksimal hanya dilakukan selama tiga kali saja.

“Untuk konsultasi keempat kami sarankan untuk bertemu langsung dengan konselor di Puskesmas. Sementara konsultasi chat hanya pada saat jam normal yakni mulai pukul 08.00-14.00 WIB dengan hari Minggu libur,” tuturnya.

Selanjutnya pelayanan ketiga yaitu konsultasi langsung MTPKR. "Layanan ini meliputi konsultasi langsung," sebutnya.

Setelah itu pelayanan keempat kata dia lagi, yakni pemeriksaan kesehatan remaja.

Untuk ini pihak Puskesmas melakukan kolaborasi dan koordinasi dalam pelayanan PKPR, jiwa, kespro dan PTM. Sementara pelayanan kelima yaitu melakukan diskusi remaja. Jadi kita berharap, semoga inovasi Si Walija ini dapat berjalan maksimal dan membuahkan hasil dengan terbantunya berbagai permasalahan remaja dan kesehatan remaja khususnya di wilayah Kelurahan Alai dan sekitarnya,” tukuknya mengakhiri.(dvd)








[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.