WhatsApp, Facebook, dan Instagram Dipastikan Bakal Cabut dari Smartphone Huawei

IMPIANNEWS.COM.

Seperti yang udah HAI beritain sebelumnya, pabrikan smartphone terbesar di dunia asal China, Huawei harus menjadi korban dari perang dagang yang tengah memanas antara China dan Amerika Serikat.

Hasilnya, perusahaan yang udah berdiri sejak tahun 1987 itu mau nggak mau harus kehilangan dukungan layanan serta lisensi Android dari Google akibat adanya perang dagang antara kedua negara tersebut.

Selain harus kehilangan dukungan layanan dan lisensi Android dari Google, perang dagang antara China dan Amerika Serikat ini membuat sejumlah aplikasi besutan perusahaan Mark Zuckerberg seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram nggak bisa didownload di ponsel Huawei.

Apalagi, menurut laporan dari Reuters, Google Play Store saat ini diketahui telah memblokir akses dari pabrikan smartphone terbesar di dunia yang berasal dari China tersebut.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, Facebook sendiri memilih untuk mengambil langkah ini lantaran ingin tetap sejalan dengan peraturan yang ditetapkan di negara di mana perusahaan itu berdiri, yaitu Amerika Serikat.

Hingga kini, Facebook belum memberikan kepastian mengenai kapan langkah pemblokiran akses pemasangan sejumlah aplikasi garapan mereka pada ponsel-ponsel Huawei mulai diterapkan.

Meskipun begitu, pihak memastikan bahwa pengguna yang telah memiliki ponsel Huawei hingga sekarang masih bisa menggunakan aplikasi Facebook, seperti untuk mengunggah status ataupun mengeksplor lini masa.

Waduh, makin hancur dong nanti harga jual smartphone Huawei sob. Kalau menurut kalian sendiri gimana nih, masih mau nggak beli ponsel Huawei tanpa dukungan Facebook dan Android? (*)