Trump dan Xi Jinping Sepakat Bertemu di Jepang



Presiden Cina Xi Jinping saat acara makan siang bersama dengan Presiden Donald Trump setelah pertemuan KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, 1 Desember 2018. REUTERS/Kevin Lamarque

IMPIANNEWS.COM (Washington).

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan telah berbicara dengan Presiden Cina, Xi Jinping, lewat sambungan telepon.

Trump menyebut pembicaraan berlangsung positif. Kedua pemimpin bersepakat akan melakukan pertemuan yang diperpanjang pada pekan depan saat digelarnya pertemuan puncak G-20.

“Baru saja bicara lewat telepon dengan Presiden Xi dari Cina dan berlangsung bagus. Kami akan melakukan pertemuan yang diperpanjang pada pekan depan saat G-20 di Jepang. 

Tim perwakilan kami akan saling berbicara sebelum pertemuan kami dilakukan,” kata Trump dalam cuitan lewat akun Twitter @realdonaldtrump pada Selasa, 18 Juni 2019.

Mengenai ini, media Cina melaporkan Xi Jinping setuju untuk melakukan pertemuan dengan Trump. Dia menekankan sengketa ekonomi dan perdagangan harus diselesaikan lewat dialog.

“Kuncinya adalah mempertimbangkan kekhawatiran yang jelas dari masing-masing pihak,” kata Xi. “Kami juga berharap AS memperlakukan perusahaan Cina dengan adil.

 Saya setuju tim ekonomi dan perdagangan kedua negara akan melakukan komunikasi mengenai cara menyelesaikan perbedaan.”
Rencana pertemuan ini bisa menghindarkan Cina dari terkena kenaikan tarif berikutnya oleh pemerintahan Trump.

“Ini merupakan perkembangan yang positif,” kata Clete Willems, seorang negosiator perdagangan dari tim Trump. Menurut dia, pertemuan tingkat pimpinan pada G-20 di Argentina pada 2018 membantu memulai pembicaraan kedua negara.

Trump dan Xi diperkirakan juga akan membicarakan kelanjutan upaya perlucutan senjata nuklir Korea Utara. Sebelum pertemuan G-20 berlangsung, Xi bakal bertemu dengan Kim Jong Un di Pyongyang pada akhir pekan ini. Ini bakal menjadi kunjungan Presiden Cina pertama dalam 14 tahun.