Sengketa Pilpres 2019 Di MK Digelar, Apa Kata Dubes Amerika?

Dubes Joseph R. Donovan/RMOL

IMPIANNEWS.COM (Jakarta).

Sidang sengketa Pilpres 2019 yang mulai digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini juga menarik perhatian Amerika Serikat.

Ketika berbicara di forum Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) di Hotel Ayana di Jakarta, kemarin (Kamis, 13/6), Dutabesar AS, Joseph R. Donovan, sempat menyinggung sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang mulai digelar hari ini (Jumat, 14/6) dan direncanakan selesai dua pekan kemudian (Jumat, 28/6).

Menurut Dubes Donovan, persidangan di MK adalah cara yang pantas (proper) untuk menangani sengketa atas klaim (allegation) yang diajukan.

Dubes Donovan menyampaikan pernyataan itu untuk menjawab pertanyaan salah seorang peserta pertemuan tentang ketegangan yang terjadi di babak akhir pemilihan presiden.

“Saya mengucapkan selamat kepada Indonesia atas milestone baru dalam praktik demokrasi mereka. Juga mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas penyelenggaraan pemilu yang sudah dipersiapkan dengan baik,” ujar Dubes Donovan.

Dia mengatakan, pemerintah AS siap melanjutkan kerjasama dalam berbagai hal dengan Indonesia, termasuk memperkuat hubungan strategis kedua negara.

Secara umum, menurut Dubes Donovan, proses kampanye pemilihan presiden dan pemilihan umum berlangsung secara damai.

Memang ada sejumlah laporan mengenai insiden di beberapa tempat. Namun menurut dia, itu semua sudah ditangani sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.




sumber : RMOL
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.