Pengamat Politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah, Peluang BPN Menang Terbuka Lebar

Pengamat Politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah menilai peluang Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi untuk menang terbuka lebar.
IMPIANNEWS.COM (Jakarta). 

Jelang sidang perdana sengketa Pemilu 2019 oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Pengamat Politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah menilai peluang Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi untuk menang terbuka lebar.

Dengan catatan, BPN bisa menghadirkan bukti-bukti kuat di persidangan. Meskipun begitu, ia mengatakan akan sulit jika mengulang pemilu kembali.

"Peluang BPN terbuka lebar, selama sanggup menghadirkan bukti di persidangan, hanya saja dari tujuh tuntutan, ada yang terlalu berat terpenuhi yakni mengulang Pemilu. Karena tentu berbiaya tinggi dan menguras energi yang luar biasa," kata Dedi yang diwartakan Teropongsenayan.com (11/6).

Sebetulnya, BPN secara tidak langsung memiliki angin segar karena hampir semua parpol di kubu 02 maupun 01 mengajukan gugatan ke MK.

"Ini penanda bahwa secara dominan parpol mengaku ada jejak kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu. Hanya saja, lebih banyak tafsir kecurangan itu mendasar pada pelaksanaan. Tidak menyeluruh sejak pra pelaksanaan, semisal pelanggaran etika kampanye hingga menguatkan money politic," pungkasnya.


sumber : jitunewws