Pemkab Limapuluh Kota Gelar Latsar Untuk 303 CPNS Hingga Desember 2019

IMPIANNEWS.COM.

Lima Puluh Kota, --- Pembukaan Pelatihan Dasar Bagi CPNS Gol. II dan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2019, Tarantang, (12/06/2019)

Acara pembukaan Latsar bagi CPNS dibuka secara resmi oleh Bupati Lima Puluh Kota, Ir. H. Irfendi Arbi, MP dan juga dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Provinsi Sumatera Barat beserta rombongan dan juga Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian, Camat, dan Puskesmas Lima Puluh Kota.

Tujuan dilaksanakan Latsar ini adalah untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayanan masyarakat yang baik yang diindikasikan dengan kemampuan memahami wawasan kebangsaan sebagai dasar mengutamakan kepentingan, memahami sikap untuk tidak korupsi dan mendorong lingkungan di korupsi percepatan pemberantasan instansinya, memahami ketentuan kepegawaian berkaitan dengan peran dan fungsi aparatur sipil negara (ASN), memahami pola pikir ASN sebagai pelayan masyarakat. Sedangkan sasarannya adalah terwujudnya CPNS yang dapat memenuhi pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Latsar ini diselenggarakan oleh BKPSDM Lima Puluh Kota bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Sumatera Barat dan PPSDM Regional Bukittinggi dengan Pola Fasilitasi.

Peserta Pelatihan Dasar ini adalah Tenaga Kesehatan, Tenaga Guru dan Tenaga Teknis di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota berjumlah sebanyak 303 orang. 3 angkatan bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Sumatera Barat dan 2 angkatan bekerjasama dengan PPSDM Regional Bukittinggi dengan jumlah peserta 196 orang yang terdiri dari tenaga guru 119 orang, tenaga kesehatan 56 orang dan tenaga teknis 21 orang.

Tenaga pengajar / fasilitator pada Pelatihan Dasar ini antara lain, Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Widyaiswara dari Badan Pengembangan Sumber Dava
Manusia Provinsi Sumatera Barat, Widyaiswara dari Pusat Pengembangan Sumber DayaManusia Regional Bukittinggi dan Pejabat Struktural dari Badan Pengembangan Sumber DayaManusia Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Selama kegiatan Diklat, Peserta akan dibekali dengan Materi Pelajaran sebagai berikut, wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara, analisis isu kontemporer, kesiapsiagaan bela negara, akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, anti korupsi, manajemen PNS, pelayanan publik, Whole of Government, habituasi, overview kebijakan penyelenggaraan pelatihan, dinamika kelompok, kebijakan PSDA dan Nilai-nilai ASN, MTSL, dan review Kebijakan Penyelenggaraan Pelatihan

Latsar dilaksanakan sebanyak 5 angkatan, dimulai dari tanggal 12 Juni 2019 dan
berakhir tanggal 28 Desember 2019 bertempat di Wisma Pemda Lima Puluh Kota, Tarantang, Kec. Harau Kab. Lima Puluh Kota. Waktu pelaksanaan per-angkatan adalah selama 21 (dua puluh satu) hari dengan rincian 18 hari on campus, 30 hari off campus dan 3 hari on campus.
Dengan jadwal sebagai berikut :
• 12 Juni s.d 16 Agustus 2019 (Angkatan I)
• 3 Juli s.d 5 September 2019 (Angkatan II) 
• 24 Juli s.d 27 September 2019 (Angkatan III)
• 30 September s.d 4 Desember 2019 (Angkatn IV)
• 21 Oktober s.d 28 Desember 2019 (Angkatan V). ul