Jemaah Mesjid Arafah Supor Gharim Kuliah di Yaman


IMPIANNEWS.COM.

Payakumbuh, --- Begitu tinggi supor warga Bonai Kelurahan Tanjunggadang Seipinago kecamatan Payakumbuh Barat, terhadap pendidikan. Kepedulian tersebut dibuktikan jemaah Mesjid Arafah Bonai disela halal bi halal yang digelar pada Rabu (19/06/2019) malam.

Adalah Zaki, salah satu siswa Kelas XII di MAN 2 Payakumbuh yang selama ini telah mengabdikan diri sebagai gharim di Mesjid Arafah. Di penghujung tahun ajaran 2018/2019, Zaki menyampaikan permohonan pengunduran dirinya menjadi gharim di Mesjid Arafah yang dikenal sangat ramai jemaahnya di Kota Payakumbuh, ini.

Pengunduran diri Zaki sempat membuat kaget pengurus Mesjid Arafah, H. Ahmad Zifal yang juga anggota DPRD Kota Payakumbuh ini. Bukan saja pengurus jemaah pun ikut terkejut.

Hal tersebut diungkap Ahmad Zifal di malam halal bi halal yang menghadirkan pentausiyah ustadz Zaiful Imran dari Barulak Kabupaten Tanah Datar.

Kami sempat kaget, Zaki mengundurkan diri kami sempat bertanya tanya. Akhirnya kita merestui pengunduran diri Zaki yang sudah lama bergaul dengan warga dan jemaah Mesjid Arafah. Kiranya Zaki di terima kuliah di salah satu perguruan tinggi islam di negeri Yaman.

"Untuk mensupor kesuksesan Zaki dalam mempelajari ilmu di Negeri Yaman, kami dari pengurus dan warga mencoba menggalang sedikit dana pendidikan. Semoga bermanfaat bagi Zaki nantinya,"ungkap Ahmad Zifal sembari menyerahkan dana pendidikan senilai 24 500 000, kepada Zaki dan disaksikan jemaah.

"Terima kasih pengurus, jemaah Mesjid Arafah dan warga Bonai. Mohon maaf jika selama saya jadi gharim saya terdapat salah dan khilaf. Insyaallah dana ini akan kami manfaatkan secara baik guna mencapai cita-cita kami. Mohon doanya,"balas haru Zaki didampingi orangtua sembari menghapus air matanya.

Lurah Tanjunggadang Seipinago, Seprianis yang ikut hadir di malam halal bi halal tersebut merasa bangga dengan warganya. Dirinya berharap kiranya malam halal bi halal tersebut semakin merekat tali silaturrahim antar warga dan jemaah.

"jagalah persatuan dan kesatuan. Mari kita tingkatkan amal ibadah kita sesudah Ramadhan,"Seprianis awali.

"Selanjutnya, atas nama pemerintahan kelurahan, tentunya kami sangat mengapresiasi pengurus mesjid Arafah bersama tokoh masyarakat, warga dan jemaah mesjid yang telah mengusung acara ini,"imbuhnya

"Marilah kita lepas anak kita, gharin kita menimba ilmu di Yaman, semoga sumbangan jamaah bermanfaat,"pungkas Seprianis.

Terpisah, Kepala Kankemenag melalui Kepala MAN 2 Payakumbuh Alex Sandra sampaikan terima kasih kepada jemaah Mesjid Arafah.

"Terima kasih Pak H. Ahmad Zifal, Lurah, LPM, tokoh masyarakat, warga dan jemaah mesjid Arafah yang telah mendukung pendidikan anak kami Zaki. Zaki yang berkampung di Pangkalan tamat tahun ini dan alhamdulillah Zaki diterima sekolah di Yaman,"sebutnya Kamis (20/06/2019)

"Agama islam telah mengajarkan umatnya untuk saling bertolongan dalam kebenaran. Kalau seandainya, kepedulian ini timbul di setiap jiwa, kami yakin tidak akan ada siswa putus sekolah ataupun warga kurang mampu. Semoga apa yang telah dilakukan jemaah mesjid Arafah bisa menjadi utswah bagi kita, tetmasuk kami pribadi,"apresiasi Alex Sandra.(ul)