Ditjen PHU Sosialisasikan Advokasi Haji Kepada Stakeholder di Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI melalui bidang advokasi haji menggelar sosialisasi kepada stakeholder terkait dengan prosesi perhajian di aula serbaguna Kankemenag, Rabu (12/06/2019)

Ikut dalam sosialisasi advokasi haji tersebut Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, Kabag Kesra Setdako Payakumbuh, Ul Fakhri, Kasi PHU Jufrimal bersama satker terkait haji. Dari 28 peserta sosialosasi ikut hadir Ketua MUI bersama pimpinan KBIH yang tersertikasi di Kota Payakumbuh.

Dalam sambutan pembuka, Kepala Kankemenag Mustafa mengucapkan Selamat datang di Kota Payakumbuh nan indah dan penduduknya ramah dan sopan.

Sementara, Kabid Advokasi Haji, Novia Darra dalam sosialisasinya menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Agama dan 7 Kementerian lain terkait dengan perhajian selali intens dalam peningkatan pelayanan haji, baik di Indonesia maupun di tanah suci.

"Pelayanan fast tracks (jalur cepat) akan diberlakukan untuk 13 embarkasi di Indonesia. Seluruh sewa hotel di Medinah full muslim untuk meminimalkan ketergantungan dengan majmuah. Terkait dengan armuzna tenda dibubuhkan nomor sehingga bisa menekan klaim,"terang Novia.

Dikatakan Novia, refitalisasi satuan tugas operasional armuzna menggunakan pemetaan yang jelas, kualifikasi, komposisi dan jumlah petugas setiap pos. Seluruh panduan mempermudah ibadah haji.

"Kepada petugas dan panitia kami tegaskan bahwa, sudah semestinya proses ibadah haji dipermudah jangan dipersulit. Intinya selagi ada landasannya. Mari kita intensifkan sistem laporan terpadu dengan pelaporan aplikasi yang terintegrasi dengan kloter dan non kloter, "pesan Novia.

Dikatakannya, perlu optimalnya strukturisasi kantor daker sehingga setiap jemaah dapat dilayani dengan baik. Perekaman kesehatan jemaah mesti terintegrasi dengan sistem aplikasi terpadu serta memonitoring kesehatan jemaah sejak awal.

Dalam sosialisasi siang itu, Novia Darra selaku pemateri menyempatkan diri menjawab pertanyaan dari peserta sosialisasi.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Kabag Kesra Ul Fakhri menyampaikan apresiasi terhadap meningkatnya pelayanan haji di Indonesia dari tahun ke tahun.

"Memang itulah yang kita harapkan, adanya peningkatan pelayanan jemaah haji setiap tahunnya. Pemko Payakumbuh juga siap mendukung secara kapasitas, karena kemenag dan pemerintah daerah tak bisa dipisahkan dalam prosesi penyelenggaraan ibadah haji. Pemko Payakumbuh sudah siapkan anggaran untuk kelancaran haji. Pemko Payakumbuh sangat mengapresiasi tingginya minat warga untuk menunaikan rukun islam kelima ini. Semoga pelayanan semakin meningkat tiap tahunnya,"ungkap Ul Fakhri.(ul)