Angin Segar dari KTT G20, Putin Undang Trump ke Moskow

Presiden Rusia mengatakan Moskow akan melakukan segala upaya untuk memperbaiki hubungan dengan Amerika Serikat yang telah terganggu selama bertahun-tahun akibat konflik diplomatik, terkait Ukraina dan tudingan-tudingan Rusia mencampuri pemilihan di AS.

Presiden Validimir Putin, yang berbicara di Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 di Osaka, tempat ia bertemu dengan Presiden AS Donald Trump untuk membahas isu-isu terkait perdagangan hingga perlucutan senjata. Ia juga mengundang Trump untuk berkunjung ke Moskow Mei tahun depan.

Trump membenarkan bahwa Putin telah mengundangnya untuk menghadiri upacara untuk memperingati 75 tahun sejak kekalahan Nazi dalam Perang Dunia II.

"Dia mengundang saya dan saya katakan akan memberikan pertimbangan sangat serius," kata Trump dalam jumpa pers setelah KTT, Sabtu, 29 Juni 2019.

Putin melukiskan pembicaraan di Osaka merupakan pertemuan bagus, pragmatis, dan fokus soal bisnis, serta menyatakan para pemimpin sepakat bahwa hubungan ekonomi dua-cara perlu diperbaiki.

"Saya pikir kami berdua memahami bahwa kami perlu menyelesaikan situasi saat ini," kata Putin, menambahkan bahwa kedua negara itu perlu menemukan kekuatan untuk membalik halaman dan bergerak maju.

Ketika ditanya dalam jumpa pers di KTT itu mengenai kemungkinan sanksi-sanksi AS lagi terhadap Rusia, Putin menyatakan Moskow akan memutuskan bagaimana usaha terbaik untuk membangun hubungan dengan Washington.

Putin mengatakan dia dan Trump telah membahas tuduhan-tuduhan campur tangan dalam pemilihan dan situasi di Venezuela. Tetapi ia tidak memberikan rincian.