272 Calon Jama’ah Haji kota Bukittinggi Mengikuti Bimbingan Manasik Haji

IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi). 

272 Calon Jama’ah Haji kota Bukittinggi tahun 1440 H/2019 M mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota bertempat di Masjid Mukhlisin Manggis Rabu, 19/06.

Kegiatan Bimbingan Manasik Gabungan yang mengangkat tema”Kita Wujudkan kemandirian Jama’ah haji ditanah suci (Makah Al-Mukarramah) menuju haji yang mabrur”  langsung dibuka oleh Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias.

Kepala Kantor Kementerian Agama kota Bukittinggi H. Abrar Munanda menyampaikan bahwa untuk tahun ini, Bukittinggi akan memberangkatkan 272 Calon Jemaah Haji. “Jumlah jama’ah yang berangkat tahun ini dari tahun sebelumnya, karena ada Calon Jama’ah Haji yang menunda keberangkatannya,” tuturnya.

“Jama’ah haji kota Bukittinggi ketika di Makkah nantinya akan ditempatkan di Raudhah 2 sektor 4, Maktab 15, dengan nomor hotel 402. Jaraknya sekitar 15 km dari Masjidil Haram, namun nantinya para jemaah akan difasilitasi dengan bus.

“Calon Jama’ah Haji Bukittinggi akan berangkat dari Bukittinggi menuju embarkasi Padang pada tanggal 17 Juli 2019. Dari embarkasi Padang akan berangkat menuju Madinah pada tanggal 18 Juli pukul 17.35 WIB, tergabung dalam klotrer 11 embarkasi Padang, bersama CJH Sawahlunto dan Padang,” Jelasnya

Dari 272 Calon Jama’ah Haji Bukittinggi tersebut 73 orang  berasal dari kecamatan ABTB, 99 orang berasal dari kecamatan Mandiangin Koto Selayan dan 100 orang berasal  dari kecamatan Guguak Panjang serta dua orang dari TPHD/TKHD.

“Sejak Oktober 2018 lalu, para CJH sudah mulai melaksanakan manasik secara mandiri melalui empat KBIH yang ada di Kota Bukittinggi. Untuk 10 hari kedepan, rangkaian bimbingan manasik haji ini akan dilaksanakan di setiap kecamatan,” ujar Abrar Munanda.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyampaikan pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan untuk menambah kuota bagi Jemaah Haji Indonesia.“Hal ini tentu berdampak pada kota Bukittinggi. Buktinya ada penambahan sebanyak 20 orang CJH lansia yang berangkat tahun ini,” ungkap Ramlan.

Walikota berpesan agar seluruh calon jemaah haji untuk dapat mengikuti manasik sebaik-baiknya.

“Semoga nantinya selamat pergi dan selamat sampai kembali ke tanah air. Jaga kekompakan dan kesehatan serta nama baik kota Bukittinggi. Biar tempat manasik berbeda selama ini akan tetapi dalam beribadah mempunyai tujuan sama yaitu mengharap ridha allah untuk memperoleh haji yang mabrur.

Terima kasih pada kementerian agama, Dinas Kesehatan, KBIH dan pihak terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji. Semoga Allah SWT membalasnya dengan amal kebaikan,” tutur Wako. (sy)