Tradisi Balimau Nyaris Makan Korban

IMPIANNEWS.COM
Nyaris tewas di sungai, dua warga Riau diselamatkan Tim SAR saat melakukan Tradisi Balimau di Sumbar

Kabupaten Limapuluh Kota, --- Dalam menyambut Bulan Ramadhan yang digelar oleh sebagian masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat dengan sebutan Potang Balimau pada Minggu (5/5/2019) sore. Dua orang warga Riau nyaris tewas pada kegiatan yang digelar tersebut.

Korban yang berjumlah dua orang tersebut diantaranya Panji (21) diduga mengalami kelelahan dan pingsan hingga tenggelam,  serta salah satu korban lainnya Habib (18) kelelahan dan sempat menolong korban namun naas nya habib yang menolong rekannya ikut hanyut terbawa arus sungai tersebut.

Beruntung pada kejadian tersebut pihak BASARNAS Pos SAR Limapuluh Kota tengah melakukan pengamanan Balimau disana, sehingga saat mengetahui korban yang sudah tenggelam dan dibawa arus sungai tersebut langsung dikejar dengan satu unit perahu karet dan akhirnya berhasil menyelamatkan kedua nyawa korban dari dalam air.

Selaku Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota Robi Saputra SE, melalui melalui Juni Fiwalman yang menjadi Komandan Tim SAR saat pengamanan dilokasi tersebut membenarkan peristiwa tersebut, menurutnya kedua korban yang sudah lemas dan tenggelam itu merupakan warga Riau yang tengah ikut melaksanakan kegiatan tradisi Potang Balimau di Kecamatan Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar.

"Memang benar sempat terjadi peristiwa orang hanyut dan tenggelam di Pangkalan pada kegiatan Potang Balimau, saat mendengar laporan dari salah seorang warga disana, kita langsung mengerahkan anggota untuk menyelamatkan korban yang salah satunya sudah tidak berada dipermukaan air lagi." Terangnya.

"Saat dilakukan penyelamatan menggunakan perahu karet, kedua orang korban terlihat sudah lemah dan dibawa arus, melihat salah satu korban yang mulai tak sadarkan diri. Seorang anggota kita langsung memberikan pertolongan pertama agar korban kembali bernafas." Tambah Juni Fiwalman. (relis)