Bazar Di Barat, Dalam 15 Menit Cabe Kopay Terjual

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Cabe Kopay (Kota Payakumbuh,red) menjadi komoditi yang paling diminati pada gelaran Bazar Murah Pemko hari pertama di halaman Kantor Camat Payakumbuh Barat, Kamis (16/5). Hal itu diungkap Camat L.Kefrinasdi saat ditemui Humas dilokasi kegiatan.

“Komoditi unggulan yang laku terjual pada bazar murah ini ialah Cabe Kopay, sebab cabe tersebut dijual dalam keadaan sangat segar dan fresh, mungkin karena baru siap dipanen pagi tadi langsung dari kebunnya,” ujar Camat L.Kefrinasdi memulai obrolan.

Ditambahkan, “Ketika cabe merah jenis Kopay ini dikeluarkan dari karung langsung diburu oleh pembeli dari masyarakat sekitar yang sudah menunggu sebelumnya. Dan tak butuh waktu lama, hanya berselang 15 menit, Cabe Kopay yang awal mula disediakan sekitar 50 kg, ludes terjual,” tambahnya.

Dikatakan, komoditas tersebut berasal dari dua kelompok tani yang ada di Payakumbuh Barat. Adapun kedua kelompok tani itu, Kelompok Wanita Tani (KWT) Semanggi dari Kelurahan Payolansek dan Kelompok Tani Usaha Bersama (KUBA) dari Kelurahan Talang.

KUBA Kelurahan Talang merupakan penyedia komoditi pangan paling banyak. Disamping Cabe Kopay, KUBA juga memasok , terong, Pare, dan Bawang Merah serta beberapa jenis sayuran.

Sementara Nofrienti dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Payakumbuh Barat mengatakan pihaknya membuka ruang selebar-lebarnya bagi kelompok tani di Payakumbuh Barat untuk ikut memasok bahan pangan di bazar.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan seluruh kelompok tani dan kelompok wanita tani yang ada, tetapi hanya dua kelompok yang bersedia dikarenakan kelompok tani lainnya sudah melakukan masa panennya, sehingga tidak ada lagi komoditi sayuran yang bisa dijual,” ungkap Nofrienti.

Adapun komoditi Cabe Kopay yang dijual dibazar tersebut adalah Rp. 28.000/kg. Sementara dipasar harganya mencapai Rp. 32.000/kg.

Ita Warni, salah seorang warga yang berbelanja di bazar tersebut mengaku terbantu sekali. Menurutnya, ditengah gejolak harga bahan pokok dipasaran, harga murah yang ditawarkan dibazar terssbut sangat pas buat kantong emak-emak seperti dirinya.

“Alhamdulillah, kami dari masyarakat sangat merasa diuntungkan dengan dilangsungkannya bazar murah ini, karena kami tidak mesti jauh-jauh lagi pergi ke pasar untuk belanja, dan juga harga disini cukup murah. Jadi kami berterima kasih kepada pihak Pemko yang sudah melaksanakan bazar murah ini,” ujar Ita.

Untuk pelaksanaan Bazar Murah di Kecamatan Payakumbuh Barat, Pemko bekerjasama dengan pihak BNI dan BNI Syariah. Seperti dilima lokasi lain, bazar akan berlangsung hingga tanggal 27 Mei mendatang. (ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.