Awal Ramadhan 6 Mei 2019, Jemaah Mulai Padati Mushalla Baiturrahmah Sawah Padang

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Usai pemerintah melalui Menteri Agama RI tetapkan di sidang Itsbat bahwa 1 Ramadhan 1440 h jatuh pada Senin tanggal 6 Mei 2019 ini adalah pertanda bahwa pelaksanaan qiyamul lail Ramadhan di mulai malam ini.

Kondisi qiyamul lail berupa shalat tarwih dan witir yang digelar ba'da shalat isya ini tampak dimulai pada Ahad (05/05/2019) di mushalla Baiturahmah kelurahan Sawah Padang Aur Kuning dengan pembina Sekdako Payakumbuh dan Lurah setempat

Pelaksanaan shalat Isya diimami ustadz Edi Irwansyah Sembiring tampak dimakmumi 2 shaf laki - laki dan 3 shaf perempuan yang berasal dari 3 kelurahan yang ada di sekitar Mushalla Baiturrahmah. 

Karena Mushalla Baiturrahmah di jalan Pahlawan ini terletak di pertigaan kelurahan yakni kelurahan Sawah Padang Aur Kuning, Kelurahan Padang Tiakar dan Kelurahan Tanjung Pauh.

Sebagaimana biasa jemaah mendirikan shalat sunat tarwih sebanyak 8 rakaat dilanjutkan sunat witir 3 rakaat. Sebelumnya dilaksanakan pengajian Ramadhan.

Sebagaimana biasa malam pertama ramadhan tidak ada santapan rohani, hanya ada sambutan saling bertimbang maaf yang malam itu disampaikan perwakilan pengurus mushalla Djafri Rasyad akrab di sapa Uwi mengawali sambutan maaf kepada jemaah mushalla.

"Memasuki bulan suci Ramadhan kami atas nama pengurus mushalla menyampaikan maaf kepada jemaah mushalla. Kiranya ada khilaf selama ini. Selamat menunaikan ibadah puasa, mari kita ramaikan malam Ramadhan di mushalla kita cintai ini,"sambut Djafri Rasyad

Usai menyampaikan sambutan Ramadhan, pengurus sampaikan rencana penggalangan dana oleh pengurus selama bulan Ramadhan. Yakni penggalangan dana anak yatim, dana penceramah, dana pembagunan mushalla yang sedang dalam tahap pembangunan.

Usai sambutan singkat di awal malam Ramadhan ini, kegiatan dilanjutkan dengan qiyamul lail.(ul)