Vifner, MH : Bawaslu Sumbar Bertekad Jadi Lembaga Informatif

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Kepala Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Barat melalui Kordiv Humas dan Hubal, Vifner dalam materinya pada rapat fasilitasi, publikasi dan dokumentasi pengawasan pemilu tahun 2019 kepada awak media Balai Wartawan Luak Limopuluah, Rabu (03/04/2019) di Hotel Mangkuto menyampaikan bawaslu siap menjadi lembaga informatif di Indonesia dari Komisi Informasi (KI), terkhusus Provinsi Sumatera Barat.

"Mari kita bercontoh pada Bawaslu Payakumbuh, yang sudah mendapat prediket bawaslu informatif dari KI,"sebut Vifner diamini Wakil Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska.

"Pelaksanaan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Bawaslu bertekad jadi lembaga informatif. Bagaimana seluruh aktifitas dan kinerjanya oleh masyarakat. Karena bawaslu adalah badan publik yang dibiayai anggaran negara yang bersumber dari uang rakyat,"Vifner awali.

Vifner, putra Pariaman yang dikenal dekat dengan awak Media di Sumbar menjelaskan Bawaslu secara perlahan sudah bisa diakses publik melalui Web Resmi. Selain itu kita juga arahkan bagaimana jajaran Bawaslu punya akun medsos, minimal akun Fb. Sehingga aktifitas jajaran Bawaslu bisa dilihat dan dipantau warga. 

"Bawaslu 'Bukan Lembaga Tipis Kuping'. Bawaslu siap dikritik dan menerima masukan membangun demi kebaikan penyelenggraan tahapan pemilu,"tegas Vifner.

Dalam strategi, Bawaslu melalui Humas dan hubal akan berupaya mensinergikan informasi publik yang didukung optimalisasi jaringan komunikasi dan informasi. Sehingga terbentuk opini publik melalui agenda setting. Tujuan keterbukaan informasi pemilu adalah untuk pemenuhan hak tahu publik, mengakomodasi aspirasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik dan mengangkat citra positif lembaga penyelenggara negara dalam hal ini Bawaslu.

"Adapun tantangan kekinian yang dihadapi adalah era serba digital yang mesti ditunjang Jaringan komunikasi semakin luas, SDM milenial. Dalam rangka percepatan alur birokrasi, bawaslu berupaya untuk tidak kaku dengan masyarakat yang membutuhkan informasi. Selain Web resmi, Silahkan hubungi Humas bawaslu, Humas, Publikasi dokumentasi dan Hubungan antar lembaga,"tandas Vifner.(ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.