Lomba Gerakan PKK 2019, Dharmasraya Dinilai Tim Provinsi Sumbar

Ny. Wati Nasrul Abit mengatakan, kegiatan penilaian ini adalah dalam rangka mendorong TP PKK di setiap daerah agar melakukan pembinaan secara berjenjang hingga ke tingkat dasawisma dalam melaksanakan 10 program pokok PKK
IMPIANNEWS.COM (Dharmasraya). 

Kabupaten Dharmasraya dikunjungi TP PKK Provinsi Sumatera Barat dalam rangka penilaian Lomba Gerakaan PKK Tahun 2019, Senin (15/04).

Kedatangan rombongan tim penilai yang dipimpin oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Wati Nasrul Abit tersebut disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska beserta jajaran pengurus TP PKK kabupaten, di Rumah Dinas Bupati. 

Ny. Wati Nasrul Abit mengatakan, kegiatan penilaian ini adalah dalam rangka mendorong TP PKK di setiap daerah agar melakukan pembinaan secara berjenjang hingga ke tingkat dasawisma dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. Disamping juga untuk mempererat silaturrahim dan rasa kebersamaan dengan TP PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

"Hasil pembinaan dari masing-masing daerah inilah yang hari ini kami nilai. Daerah yang terpilih sebagai yang terbaik nantinya juga akan mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional dalam lomba yang sama," ujar Wati.

Keberhasilan program PKK, sebut Wati, sangat ditentukan dari keterpaduan dan saling bahu membahu antara kader PKK dengan masyarakat dan dukungan instansi terkait. 

"Dengan adanya penilaian yang dilakukan setiap tahun ini, kita juga berharap kader PKK mampu memahami seluruh program PKK secara komprehensif," tukuknya.

Setidaknya, ada lima kategori yang dinilai dalam Lomba Gerakan PKK Tahun 2019, sebut Wati. Yakni tertib administrasi, pola asuh anak dan remaja, UP2K, Hatinya PKK, dan pelaksanaan IVA test.

Adapun, kegiatan penilaian ini diawali dengan ekspose yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, baru kemudian dilanjutkan dengan penilaian lapangan ke nagari-nagari yang menjadi objek penilaian. 

Pada kesempatan itu, Dewi memaparkan sejumlah program dan inovasi yang yang telah dilaksanakan oleh TP PKK dalam mengoptimalkan gerakan PKK di masyarakat, khususnya di nagari-nagari yang ditunjuk untuk mewakili Dharmasraya dalam penilaian ini. 

"Dan tentunya, dengan setiap upaya yang telah kita lakukan, kita berharap dapat memperoleh hasil yang memuaskan. Semoga kita dapat menjadi yang terbaik, dan mewakili Sumbar hingga ke tingkat nasional," harap Dewi.(ul)