Hingga 26 April 2019, Disdukcapil Limapuluh Kota Buka Sampai Malam

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 


Optimalisasi perekamam data secara elektrik serta pencatatan administrasi kependudukan bagi warga kabupaten Limapuluh Kota, Pemkab setempat melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil semakin giat melakukan perekaman dan mengantarkan hasil jadi. 

Bukan saja menerapkan program jemput bola ke tingkat kenagarian dan sekolah, bahkan Disduk Capil yang dipimpin H. Azfrizal Aziz yang akrab disapa Oyong ini juga menerapkan pelayanan hingga malam hari. Disamping pelayanan di luar jam dinas atau hari libur. Tiada menunggu lama, hasil perekaman data kependudukan diserahkan langsung kepada masyarakat secara terhimpun.

Terlihat, pada Jum'at tanggal 05 April 2019, bertempat di SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh telah diserahkan KTP-el perekaman di SLTA kepada Kepala SMAN, SMKN, dan MAN se Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh. 

KTP-el diserahkan langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota Bapak Irfendi Arbi dan diterima secara simbolis oleh Kepala SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh, Kepala SMAN 1 Kecamatan Harau, Kepala SMAN 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan Kepala SMAN 1 Kecamatan Guguak serta perwakilan 10 orang Siswa dari SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh.

Kesempatan itu Bupati Irfendi Arbi mengapresiasi kesadaran warganya dalam melakukan perekaman data kependudukan. Dirinya juga berharap, bagi warga yang belum terekam mohon proaktif.

"Meski personil disdukcapil masih terbatas namun kami apresiasi optimalisasi upaya perekaman. Teruskan layanan jemput bola, pelayanan di luar jam kerja. Terbaru pelayanan hingga malam hari. Inovasi itu penting demi suksesnya tupoksi lembaga,"kata Irfendi Arbi.

Terkait pelayanan hingga malam, Kepala Disduk Capil Limapuluh Kota, Azfrizal Aziz saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (05/04/2019) menjelaskan pelayanan hingga larut malam ini bertujuan pemenuhan hak identitas warga negara. Selain itu, juga mensukseskan pemilu 2019.

Usai mendapatkan dispensasi dari pusat, sebanyak 9, 436 tadi telah diserahkan KTP - el di beberapa SLTA sederajat dan di kenagarian. Itu adalah hasil perekaman sejak tahun 2011 hingga kini. KTP tersebut kita serahkan kepada kepala sekolah untuk siswanya, kepada Walinagari untuk warganya. Pelayanan jemput bola kita tingkatkan hingga ke Jorong. Pelayanan hari Minggu kedepan tanggal 7, 14 dan tanggal 17 April itu sendiri. Target kita bagaimana semua warga telah terekam,"sebutnya.

"Terkait pelayanan perekaman malam hari, juga kita terapkan. Masyarakat sangat antusias. Mungkin di siang hari warga sibuk di ladang, di sawah dan di kantor. Tadi malam kita lakukan perekaman di titik keramaian di Taram. Alhamdulillah ramai,"sambung Azfrizal.

Adapun perekaman di Pangkalan, Kapur IX, Gunung Omeh kita lakukan setiap hari Jumat atau hari pasar. Karena hari inilah kesempatan bagi warga berkumpul di pasar, yang selama ini sibuk di ladang gambir. Kita sudah bagi personil, di lapangan kita tempatkan 6 personil lengkap dengan peralatan rekam dan sebagian lain untuk pelayanan di kantor,"jelas Azfrizal Aziz, lagi.

Diujung keterangannya, Azfrizal Aziz juga sependapat dengan Bupati Limapuluh Kota, agar warga yang belum terekam mohon proaktif.

"Kita harap warga juga pro aktif lakukan perekaman, karena ini juga penting bagi warga. Kita siap layani, baik di kantor maupun di lapangan dengan ramah," tandas Azfrizal sore itu.(ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.