Di Safasindo, Afrizal : 80 Ribu Tenaga Kerja Limapuluh Kota Belum Dapat Kerja

IMPIANNEWS.COM (Lima Puluh Kota). 

Dalam rangka penyebarluasan informasi ke masyarakat, Dinas Kominfo Lima Puluh Kota laksanakan talkshow bersama Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota di radio Safasindo Payakumbuh, Selasa (24/04/2019).

Afrizal, S.Sos, M.Si Kepala Bidang Ketenagakerjaan selaku narasumber menjelaskan 80 ribu tenaga kerja di Lima Puluh Kota belum mendapatkan pekerjaan.

Untuk itu, sebagai upaya pemberdayaan tenaga kerja di Lima Puluh Kota dilaksanakan perluasan lapangan kerja berupa Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) dan Antar Kerja Antar Negara (AKAN).

Tenaga Kerja Antar Daerah atau AKAD, dilaksanakan kerjasama dengan perusahaan - perusahaan luar Provinsi. "Kami mengadakan kerja sama dengan perusahaan luar provinsi seperti Jakarta dan Batam, selain itu juga bekerjasama dengan perusahaan swasta." ujar Afrizal.

"Proses perekrutan dilaksanakan terlebih dahulu di Kabupaten, kemudian tenaga kerja akan di salurkan ke tempat kerja tujuan." lanjut Afrizal.

Selain itu Disnaker juga bekerjasama dengan Balai Pelatihan diantaranya Balai besar pelatihan kerja Bandung, Serang, Medan, dan Semarang. Dimana Pelatihan ini dilaksanakan gratis.

"Sebelum tenaga kerja bekerja di perusahaan perekrutan, mereka akan diberi bimbingan terlebih dahulu, dimana pelatihan dilaksanakan selama 2 bulan. Selama pelatihanpun, mereka akan tetap diberi gaji 80% dari gaji penuh." ucap Afrizal.

Diakhir talkshow Afrizal menghimbau kepada masyarakat Lima Puluh Kota yang ingin mendapatkan pekerjaan bisa mendapatkan informasi di Disnaker Lima Puluh Kota, selain itu Disnaker juga untuk pengurusan Kartu Kuning dan selain nya yang berhubungan dengan perindustrian dan tenaga kerja dapat di tanyakan ke Fisnaker Lima Puluh Kota.(ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.