Camat Lubuak Bagaluang, Forkopimka Siap Sukseskan Pemilu 2019

IMPIANNEWS.COM Padang). 

Camat Kecamatan Lubuak Bagaluang Wilman Muchtar memimpin apel gabungan bersama Forkopimka dan lurah se-Kecamatan Lubuak Bagaluang di pelataran parkir Kantor Kecamatan setempat, Rabu (10/4).

Dikesempatan tersebut Wilman Muchtar mengatakan, apel gabungan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pemerintah dalam hal ini aparatur sebagai pelaksana pemilu untuk tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Lubuak Bagaluang Nan XX ini.

“Kita bersama TNI dan Polri bertekad untuk mensuskseskan Pemilu Tahun 2019 ini dengan aman, tertib dan lancar,” ujar Wilman.

Selanjutnya Wilman Muchtar menghimbau kepada lurah se-Kecamatan Lubuak Bagaluang ini untuk menginformasikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April nantinya.

“Sosialisasi ini harus gencar di sampaikan ke masyarakat agar mereka paham dalam pelaksanaan pemilu ini bahwasanya pemilu ini ada 5 kertas suara yang akan mereka coblos, tentu sosialisasi ini harus jelas,” kata Wilman.

Kemudian Wilman menyebutkan sebagai aparat pemerintahan, ASN, TNI dan POLRI sebagai pelaksana penyelenggaraan kegiatan dalam fungsinya sebagai aparatur pemerintah untuk menjaga netralitas dalam bertugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing.

“Ciptakan kondisi yang kondusif, agar pemilu berjalan dengan aman dan tertib sesuai dengan keinginan kita bersama,”sebutnya. 

Dikesempatan yang sama Danramil 04 Lubuak Bagaluang dan Lubuak Kilangan Mayor Inf. Asrul Sani menyampaikan sesuai dengan UU No 4 tahun 2004, TNI adalah pembantuan kegiatan pengamanan Pemilu dari Kepolisian.

“TNI membantu tugas Polri untuk mengamankan Pemilu, mereka adalah pengamanan bagian luar dari pada TPS yang ada di setiap kelurahan, dan TNI sudah terbekal dengan netralitas tidak berpihak kemana-mana sesuai dengan aturan,” terang Asrul Sani.

Senada dengan itu Kapolsek Lubuak Bagaluang AKP Rico Fernanda, SH.S.Ik menambahkan Polri siap untuk melakukan pengamanan pemilu berkaitan dengan pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota dan DPD RI.

“Polsek Lubuak Bagaluang telah mempersiapkan personil yang di komandoi oleh Polresta Padang  untuk mengamanankan TPS-TPS, menjaga keamanan di wilayah hukum Polsek Lubeg agar terciptanya suasana pemilu yang aman tentram dan sejuk,” imbuh Rico.

Selanjutnya Rico menerangkan, untuk Kecamatan Lubuak Bagaluang kita menurunkan personil sekitar 50 orang anggota yang di bantu dari Polres dan Polda, masing masing TPS kita ada pola 248, 28 16 dan 2 10 20 jadi setiap 2 personil Polri mengawaki 10 TPS atau 8 TPS dan ada yang 4 TPS. Meraka bertugas H-2 telah bergeser ke lokasi-lokasi dimana mereka di tempatkan yang telah diperintahkan kepada mereka.

“Kita tidak mengharapkan gejolak terjadi namun kami telah mengatisipasi hal-hal tersebut sebagaimana yang telah kita simulasikan juga, apabila terjadi permasalahan, kita punya lapis-lapis kekuatan namun kita harapkan tidak terjadi permasalahan semoga semuanya berjalan dengan aman dan lancar,” tutur Rico. (vn)

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.