Berikan Solusi Tingkatkan Kesuburan Tanah, Dandim 0312 Padang Jelaskan Awal Lahirnya Bios 44


Dandim 0312 Padang Letkol Czi Rielman Yudha 
IMPIANNEWS.COM (Padang) -- Dandim 0312 Padang Letkol Czi Rielman Yudha menjelaskan pentingnya pemakaian “Bios 44” yang bermanfaat bagi petani untuk meningkatan usaha pertanian sejauh ini. Pemakaian produk berbahan permentasi ini diyakini mampu dan telah terbukti ampuh untuk menyuburkan tanah. Karena dapat mempercepat proses pembusukan materi organik lahan sekaligus meningkatkan PH tanah menjadi Normal. Selain itu  Bios 44 juga bermanfaat untuk meningkatkan produktifitas hasil perikanan, perkebunan, peternakan dan juga dapat menetralisasi limbah serta menyuburkan lahan bekas tambang. Demikian disampaikannya dalam kegiatan diseminasi informasi publik bersama Dinas Kominfo Kota Padang di Media Centre Balai Kota Padang, Rabu (24/4).

Letkol Czi Rielman Yudha menyebutkan, ide lahirnya Bios 44 ini merupakan solusi sesuai tuntutan yang dihadapkan bagi TNI untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di areal pertanian dan perkebunan salah satunya kebakaran hutan. Yaitu dalam hal ini di wilayah Sumatera Selatan dimana lahannya banyak mengalami kebakaran hutan.

“Dan kita mendapatkan tekanan-tekanan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga kita mendapatkan solusi setelah diadakan penelitian, tanya jawab kepada para petani dan lainnya. Jadi awal terciptanya ini adalah dari permasalahan kebakaran hutan tersebut. Sehingga muncullah Bios 44 ini sebagai temuan berupa formula Bios 44 - Bio Struktur (Dekomposer Gambut), yaitu agen hayati pemercepat pembusukan material organik lahan gambut sekaligus meningkatkan PH tanah menjadi Normal,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini sebut pemakaian Bios 44 sudah tersebar di seluruh Sumbar. Khusus untuk Kota Padang, telah banyak demplot-demplotnya. Saat ini, Bios 44 masih digratiskan pada masyarakat. Bagi kelompok tani yang berminat mencobanya ke lahan pertanian, peternakan dan perikanan bisa menghubungi Koramil atau Babinsa daerah masing-masing.

“Setelah digunakan Bios 44 ini ternyata banyak manfaatnya. Tidak hanya menyuburkan lahan tetapi di berbagai komoditi pun juga merasakan manfaatnya. Selain meningkatkan hasil pertanian padi sawah, kalau digunakan pada ternak sapi atau kambing, maka sapi yang mengkonsumsinya akan memiliki nafsu makan yang tinggi dan sehat. Begitu juga pada perikanan, ikan atau udang yang diberi pakan yang dicampur dengan Bios 44, menjadi lebih besar ukurannya dengan cepat," beber Yuda lagi.

“Jadi Bios 44 ini juga menjadi solusi kebutuhan pangan di wilayah Kota Padang yang saat ini masih bisa menghasilkan 30 persen, dengan selebihnya 70 persennya di pasok dari luar Padang. Semoga Bios 44 terus kita sosialisasikan, tujuannya memang untuk kesejahteraan masyarakat. Insya Allah pada 2020 nanti dalam Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke 15 di Kota Padang, Bios 44 akan kita munculkan sebagai produk unggulan daerah," jelasnya mengakhiri.(dvd)








[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.