Raih 37 Medali, Wawako Erwin Yunaz Undang Atlit Renang di Rumah Dinas

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Pada Minggu (17/3/2019) pagi, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz mengundang para atlet, pelatih dan pengurus klub renang Payakumbuh yang tergabung dalam Ngalau Swimming Club (NSC) ke kediaman rumah Dinas Wakil Walikota, Jl. Pahlawan, Kelurahan Ibuh.

Hal itu menyusul torehkan prestasi atlet NSC dalam Riau Aquatic Junior Sprint Invitation Swimming Championship 2019 yang berlangsung 9 - 10 Maret di Aquatic Sport Center Rumbai, Provinsi Riau.

Sebagaimana diketahui, perjuangan 16 Atlet NSC tersebut membuahkan 37 medali yang terdiri 20 emas, 11 perak, dan 6 perunggu. Menurut Pelatih NSC, Jumedi mengatakan ada 2 atlet terbaik NSC yang berhasil mengumpulkan medali terbanyak.

“Aura Latifa Marfin dapat 5 emas dan 1 perak serta Dwi Intan Pebrianti dapat 7 emas,” ucapnya disela-sela pertemuan.

Dalam sambutan, Wakil Walikota mengapresiasi prestasi perenang NSC tersebut. Dirinya sengaja mengundang para atlet beserta pelatih sebagai wujud rasa senang dan bangga atas prestasi NSC.

“Mewakili Pemko, saya ucapkan selamat dan sukses. Torehan prestasi ini menggairahkan semangat kami untuk membangun dunia olahraga Payakumbuh agar lebih baik lagi kedepan. Saya harap, prestasi ini dijaga dan ditingkatkan,” ujar Erwin Yunaz.

Sambil memeluk dua atlet belia NSC,  Sila dan Nadin, Wawako menceritakan nilai lebih yang dimiliki oleh seorang olahragawan. Dikatakan, olahraga mampu membentuk pribadi yang disiplin,  berkarakter dan punya jiwa sosial yang tinggi.

“Seorang olahragawan banyak memiliki kelebihan, apalagi yang sudah menjadi atlet berprestasi. Mereka pastilah disiplin, sportif dan punya jiwa sosial. Hal demikian hanya dapat dirasakan olahragawan,” papar Erwin.

Wawako berjanji akan berupaya mendorong penyediaan sarana prasarana latihan bagi para atlet renang tersebut. Dikatakan, kedepan Payakumbuh akan membangun kolam renang berstandar international.

“Alhamdulillah, kita termasuk terdepan dalam kepemilikan kolam renang berstandar international dibanding daerah lain di Sumbar.  InsyaAllah, kita sudah rencanakan bangun sport center,  dimana juga terdapat kolam renang baru berstandar internsional, mohon Doa segera terelisasi,” ungkap Erwin.

Sementara, Ketua NSC, Enzori Adendi didampingi Hirman Suryadi mengucapkan terimakasih atas jamuan sarapan pagi yang diadakan wakil walikota. Dirinya berharap pemerintah kota bisa menfasilitasi sarana prasarana para atlet untuk bisa berlatih lebih giat demi meraih prestasi bagi kota Payakumbuh.

Adendi juga meminta agar Pemko bisa bantu menfasilitasi latihan anak-anak tersebut pada hari minggu dan hari libur di kolam renang ngalau.  Pihaknya mengaku terpaksa memindahkan latihan ke kolam renang lain, karena bentrok dengan pemakaian untuk masyarakat umum.

“Kalau bisa pada hari Minggu dan hari libur itu kami tetap bisa latihan di Ngalau pak. Sekarang sedikit terkendala, Sebab kata pengelola bentrok dengan pemakaian umum. Kami latihan dari subuh sampai pukul 8 pagi pak, saya kira tidak juga bentrok dengan pemakaian umum, sebab untuk umum biasanya dibuka jam 9 pagi,” lapor Adendi.

Menaggapai hal itu, wakil walikota berjanji akan mengkomuniksikan hal tersebut kepada dinas terkait. “InsyaAllah nanti saya bicarakan langsung dengan dinas Parpora, mudah-mudahan Ada jalan keluar terbaik, nanti kami kabari ya,” pungkas Wawako Erwin.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, NSC mengikuti kegiatan Riau Aquatic Junior Sprint Swimming Championship 2019 di Rumbai, Prov. Riau. Pada kejuaraan renang kekompakan umur 6-17 tahun, NSC berhasil meraih juara tiga dengan perolehan 20 Emas, 11 Perak dan 6 Perunggu.

Kejuaraan yang sudah memasuki tahun ketiga pelaksanaan itu, diikuti oleh 520 atlet dari klub renang berbagai daerah di Sumatera seperti Bengkulu, Sumsel, Jambi, Sumbar, Riau, Kepri, dan Sumut. (ul)