Padang Juara Umum, PORSADIN IV Ditutup Kakanwil Bersama Walikota Payakumbuh

1. Juara umum, Kota Padang, poin 20
2. Juara II Kab. Agam, poin 17
3. Juara III Kota Bukittinggi, poin 16
4. Juara IV Kota Payakumbuh, poin 14 
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Aula Balai kota Payakumbuh menjadi saksi sejarah dihelatnya Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) ke IV Tingkat Provinsi Sumatera Barat tanggal 30 - 31 Maret 2019 yang diikuti 15 kota/kab di Sumbar. 

Aula balai kota yang diresmikan pemakaiannya sekitar 2 Bulan lalu ini menjadi lokasi pembukaan dan penutupan Porsadin ke IV. Sementara Porsadin sebelumnya hanya dibuka dan ditutup di mesjid atau MDTA saja.

Usai digelar kemaren oleh Gubernur Sumatera Barat bersama Kakanwil Kemenag dan Walikota Payakumbuh, hari ini Ahad (31/03/2019) ajang Porsadin IV ditutup Walikota Payakumbuh bersama Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh.

Dalam penutupan ini diumumkan pemuncak dari 12 lomba yang diikuti ratusan santri MDTA se Sumbar tampak dihadiri pengurus FKDT se Sumbar, pejabat di lingkungan Pemko Payakumbuh dan Kankemenag Kota Payakumbuh bersama official dan panitia Porsadin.

Dalam laporannya Ketua DPW FKDT Firdaus Ghani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Payakumbuh beserta jajaran, Kepala Kankemenag beserta pengurus FKDT dan panitia. Atas dukungan itu, Porsadin IV sukses digelar. Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kontingen yang telah bertanding. Kedepan dirinya selalu berharap ada dukungan dana dari pemerintah daerah. 

"Kita (DPW FKDT Sumbar) targetkan Sumbar Juara 5 besar nasional di Bangka Belitung pada bulan Agustus 2019, ini,"sebut Firdaus.

Mewakili Kakanwil, kelapa Kankemenag payakumbuh Mustafa dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Walikota Payakumbuh dan jajaran terkait, Kakanwil dan FKDT se Sumbar.

"Tampa dukungan Pemko Payakumbuh tak mungkin acara akbar ini bisa diangkatkan," sebutnya mengawali.

Dikatakan Mustafa yang baru saja pulang diklat petugas haji ini, bahwa Porsadin pada dasarnya membangun kekuatan dalam mencerdaskan melalui pendidikan diniyah. Insyaallah Kemenag dan FKDT akan memperkuat koordinasi dan sinergitas dengan OPD terkait. Dan hal ini sudah dibayangkan Staff Ahli bidang SDM, yakni sinergitas dengan Disparpora,"pungkasnya.

Menutup Porsadin IV, Walikota Payakumbuh diwakili Staff Ahli Bidang SDM, syahril menyebutkan bahwa Porsadin lebih akbar dibanding PORPROV. Disamping diisi dengan cabang olahraga, seni dan keagamaan juga ada di dalamnya. Dirinya menyebut bahwa sukses kegiatan ditentukan kerjasama, sama sama bekerja dengan niat ikhlas lillahi ta'ala, sehingga menjadi amal pahala.

"Perkembangan zaman era milenial, bisa membawa pengaruh negatif sangat tinggi kepada anak kita. Namun Porsadin hadir menangkalnya khusus pada santri MDTA. Kita berharap keberadaan diniyah ini semakin kuat dengan regulasinya, maksudnya kita lahirkan PERDA-nya. Sehingga semakin kuat. Sehingga ajang Porsadin semakin optimal dengan melibatkan OPD terkait, mendatang,"pesannya.

Syahril juga menyampaikan bahwa hikmah dari Porsadin IV tahun 2019 di Payakumbuh selain meningkatkan ukhuwah islamiyah, juga menumbuhkan sportifitas sejak dini. Menumbuhkan nilai kebangsaan guna menangkal pengaruh negatif.

Diakhir sambutannya Syahril sampaikan selamat kepada pemuncak sebagai wakil Sumbar ke Porsadin Nasional. Atas nama Walikota Payakumbuh, Staff Ahli bidang SDM Syahril juga menyampaikan ucapan maaf atas segala kekurangan serta mendoakan semua kontingen selamat sampai di rumah masing - masing.

Berdasarkan SK Dewan Hakim Nomor 1 tahun 2019 tanggal 31 Maret 2019 yang ditandatangani Nasri selaku Ketua I bersama Ucin Limas Qori selaku Ketua II. Disebutkan pemuncak Porsadin IV, sebagai berikut :

1. Juara umum, Kota Padang, poin 20
2. Juara II Kab. Agam, poin 17
3. Juara III Kota Bukittinggi, poin 16
4. Juara IV Kota Payakumbuh, poin 14 
5. Juara V Pesisir Selatan poin 12
6. Juara VI Kabupaten Pasaman Barat
7. Juara VII Kota Solok
8. Juara VIII Kabupaten Tanah Datar
9. Juara IX Kab. Sijunjung
10. Juara X Kab. Limapuluh Kota
11. Juars XI Kab. Padang Pariaman
12. Juara XII Kab. Solok
13. Juara XIII kota Padang Panjang
Kab. Dharmasraya dan Kota Pariaman belum mendapatkan pemuncak.

Tropi Porsadin IV diserahkan Walikota Payakumbuh didampingi Kepala Kankemenag dan panitia kepada pimpinan kontingen Saifudin Zuhri. 

Terkait daerah tingkat II yang akan menjadi tuan rumah Porsadin V tingkat Sumbar 2021, insyaaallah akan diputuskan dalam rapat FKDT tingkat Sumbar pada bulan Juli 2019, mendatang.(ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.