Hari TNI AU, Komandan Lanud Sutan Sjahrir Cek Kesiapan Ke Piobang

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota).

Komandan Lanud Sutan Sjahrir Padang  Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro mendatangi Nagari Piobang, Kecamatan  Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota pada Jumat (22/3/2019) pagi. 

Tanpa pengawalan ketat, kedatangan Kolonel Pnb  Purwanto Adi Nughoro disambut oleh Walinagari Piobang, Ketua dan Pengurus FKPPI  Kabupaten Limapuluh Kota, sejumlah tokoh masyarakat serta Puluhan prajurit Lanud Sutan Sjahrir.

“Kedatangan kami ke Piobang ini dalam rangka mengecek   kesiapan Karya Bakti dan Bakti Sosial dalam rangka  persiapan kunjungan Aspotdirga Kasau dan rombongan serta bertepatan menjelang peringatan HUT  TNI AU yang ke 73,”ucap Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro didampingi Kapten Lek Purwanto dan Lettu Lek Hari Hargadi dari Spotdirga Lanud Sutan Sjahrir sebagai koordinator dilapangan, Persiapan menyambut kedatangan Tim dari Spotdirga Mabesau.

Danlanud Sutan Sjahrir tersebut meninjau langsung kesiapan lokasi karya bhakti dan bakti sosial di Piobang yang bakal dihadiri petinggi dari Markas Besar TNI AU. Diantaranya, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Iman Sudrajat S.E. dan rombongan  pada  28 Maret mendatang. 
“Kita cek kesiapan dulu, sudah sejauh mana sampai sekarang,”ucap Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro.

Dijelaskan Alumni AAU 1996 itu, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Piobang nantinya. Yaitu kegiatan karya bakti dan kegiatan bakti sosial. 
“Kegiatan karya bakti berupa pendirian sebanyak 6 pos kamling untuk masyarakat dan 1 lapangan voli siap pakai. Kemudian, untuk kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako, pembagian kacamata baca serta pengobatan massal gratis,”terangnya lagi.

Dalam rangka program dari Spotdirga Mabesau juga dalam rangka memperingati Hari jadi TNI AU Ke-73 ini yang jatuh pada 9 April mendatang itu, tidak hanya melibatkan prajurit Lanud Sutan Sjahrir saja. Melainkan turut melibatkan masyarakat, ormas serta petugas kesehatan lainnya. 
“Ini bentuk wujud sinergitas TNI AU kepada masyarakat, pengabdian TNI AU pada umumnya dan Lanud Sutan Sjahrir pada khususnya, kepada masyarakat serta semua  elemen kita libatkan,”katanya.

Ketika ditanya, kenapa Lanud Sutan Sjahrir memilih Piobang sebagai salah satu rangkaian dalam memperingati Hari jadi TNI AU tahun ini. Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro menjelaskan, Piobang ada historisnya bersama TNI AU. Yaitu adanya aset TNI AU berupa lapangan terbang di Nagari Piobang tersebut.

“Lapangan terbang di Piobang ini, adalah  sejarah bagi TNI AU juga bagi NKRI. Piobang dan TNI AU tidak bisa dipisahkan dan erat hubungannya.  Saat ini, lapangan terbang Piobang  tidak hanya dipakai untuk militer saja tetapi dibudidayakan oleh masyarakat sehingga ada dampak manfaat bagi masyarakat. Memilih Piobang di Hari jadinya TNI AU ini adalah sebagai bentuk  kedekatan kami dengan masyarakat Piobang dan serta untuk menjalin silaturahmi,”kata Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro.

Ketika ditanya lagi, apakah TNI AU akan mengoperasikan kembali lapangan terbang Piobang tersebut, Dan Lanud Sutan Sjahrir  Padang itu belum bisa memastikan. 

“Belum ada arahan dari pimpinan untuk itu (pengoperasian lapangan terbang) . Sekarang,  hanya menjalin hubungan antara TNI AU  dengan masyarakat,”ucap Perwira menengah yang pernah menjadi Pilot dari  Presiden Joko Widodo tersebut.

Sementara, Walinagari Piobang  Syaffan Nur turut bangga dijadikan daerahnya itu sebagai salah satu lokasi dalam pelaksanaan Karya Bakti dan Bakti Sosial, Syaffan Nur pun sudah mewanti-wanti masyarakatnya untuk aktif dan ikut saling membahu dalam menyukseskan kegiatan ini di Piobang. Apalagi, Nagari Piobang bakal didatangi oleh petinggi dari Markas Besar TNI AU di Jakarta. 

“Ini adalah kebanggan bagi kami masyarakat Piobang atas perhatian dari TNI AU. Kami pun siap membantu dalam menyukseskan kegiatan  pembangunan di desa kami ini,”ucap Syaffan Nur. (ul)