Bimais Pasaman Monitor Kerja Nyata PAI Non PNS Dua Kecamatan

IMPIANNEWS.COM (Pasaman).

Kerja nyata sesuai tugas fungsinya sebagai Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS kecamatan, itu yang diharapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman.

Untuk memastikan itu, Dedi Wandra melalui Seksi Bimas Islam melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) sekaligus pembinaan kinerja PAI Non PNS di dua KUA Kecamatan, baru-baru ini (12/3).

Kepala Seksi Bimas Islam Hasyyunil menyebutkan monev dilakukan terhadap Penyuluh KUA kecamatan Kecamatan Panti dan Padang Gelugur. 

Hasyyunil pada Rakyat Sumbar mengatakan, monev yang dilakukan di  dua KUA kecamatan ini dengan tujuan agar penyuluh agama di daerah menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya dan benar-benar memiliki kelompok binaan (pokbin).

Menurutnya, PAI sangat berperan penting sebagai perpanjangantangan Kemenag dalam menyampaikan program-program lembaga ikhlas beramal serta pesan-pesan agama kepada masyarakat atau pokbinnya.

"Dalam monev itu, kita juga ingin melihat secara langsung dan memastikan bahwa tugas kepenyuluhan apakah sudah berjalan sesuai dengan laporan bulanan," ujarnya.

Lanjutnya, selain memperkuat sinergi silaturrahim, monev yang dilakukan secara rutin triwulan berkaitan dengan administrasi kantor dan kepenghuluan dan juga kepenyuluhan ini diharapkan lebih meningkatkan peran KUA sebagai unit pelayanan keagamaan kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Hasyyunil menegaskan sebagai penyuluh harus memahami dan merealisasikan budaya integritas yakni keselarasan antara hati, sikap dan perbuatan sesuai dengan tugas yang diembannya. Karena ungkap beliau dengan semangat integritas yang dimilki tugas kepenyuluhan akan berfungsi dengan baik.

Hasyyunil juga sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh dua penyuluh KUA Panti dan penyuluh KUA Padang Gelugur yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya karena penyuluh telah mempunyai binaan di desanya masing-masing.

"Penyuluh Agama Islam adalah manusia pilihan dari Kementerian Agama  untuk melakukan pembinaan umat demi kemaslahatan hidup dunia dan akhirat. Untuk itu Penyuluh Agama harus memposisikan diri menjadi contoh dalam mengamalkan nilai-nilai Agama dalam kehidupan ditengah-tengah masyarakat," ungkapnya.

Dari hasil monev kemarin, kata Hasyyunil kinerja penyuluh di dua kecamatan yang kita kunjungi sudah baik walaupun masih ada beberapa catatan yang perlu untuk ditingkatkan kedepannya.

Dia juga berpesan, kepada para penyuluh baik PNS maupun Non PNS yang ada di daerah ini untuk tidak ikut serta dalam pusaran politik praktis dan mengshare berita-berita berbau politik serta Hoax.
Sementara itu, penyuluh KUA Kecamatan Panti, Zakaria mengapresiasi dan berterima kasih kepada TIM Monev Kemenag Pasaman, karena telah mengunjungi penyuluh di KUA Kecamatan ini. 

"Kita berharap, dengan kegiatan monev ini kedepan dapat lebih mempererat silaturrahmi antar penyuluh dengan jajaran Kemenag, sehingga kita dapat saling berbagi serta dapat lebih dekat dengan semua penyuluh dimanapun mereka berada, serta dapat saling berinteraksi sehingga penyuluh dapat melaksanakan tugas dan fungsinya," tukiknya.(suf78)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.