Seleksi Ketat, Kontingen Porsadin Kota Payakumbuh Siap Pertahankan Juara Umum

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Seratusan santri yang berasal dari 11 Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) di Kota Payakumbuh pagi ini berkumpul di MDTA SDIT Mutiara Hati untuk mengikuti pembukaan musabaqah Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) Tingkat Kota Payakumbuh yang dibuka Walikota Payakumbuh Riza Falepi diwakili Kabag Kesra Ul Fakhri bersama Kepala Kankemenag Mustafa didampingi Kasi PDPP, Safrizal, Ketua FKDT Eri Burhan dan panitia pelaksana Porsadin, Ahad (17/02/2019)

Dalam laporannya, Ketua Panitia Hasnul Fakhri menyebutkan bahwa ada 12 cabang lomba yang akan diperlombakan siang ini dalam fullday tuntas, ada cabang keagamaan serta cabang olahraga. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan Pemko Payakumbuh, Kementerian Agama, FKDT dan pimpinan MDTA. Panitia akan lakukan seleksi ketat, karena para pemuncak akan diutus sebagai kontingen Porsadin Kota Payakumbuh di tingkat provinsi.

Sementara itu Ketua FKDT, Eri Burhan dalam harapannya menyampaikan bahwa Porsadin 2 tahun lalu, kontingen Porsadin Kota Payakumbuh tampil sebagai Juara Umum. 

"Tahun ini tugas berat kita adalah meningkatkan prestasi dengan mempertahankan Juara Umum Porsadin tingkat Provinsi Sumbar. Payakumbuh siap menjadi utusan Sumbar pada Porsadin tingkat nasional di Bangka Belitung, nantinya,"harapan Eri Burhan.

Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, Mustafa dalam apresiasinya sampaikan terima kasih kepada Pemko Payakumbuh dan pihak terkait, sehingga Porsadin dapat terselenggara sukses. Dalam sambutannya, Mustafa berharap musabaqah ini nantinya dapatengisi semua cabang lomba yang diperlombakan di tingkat nasional sesuai juknis dan juklaknya.

"Kami berharap kegiatan ini mampu memotivasi MDTA lain yang belum ikutkan santrinya berkonstribusi di ajang yang kita gelar hari ini, sehingga semua MDTA Kota Payakumbuh lebih eksis kedepannya,"singkat Mustafa.

Membuka Porsadin, Kabag Kesra Ul Fakhri mengapresiasi kinerja dan semangat panitia dan pengurus FKDT Kota Payakumbuh yang telah menyiapkan ajang ini. Tak lupa Ul Fakhri mengapresiasi keluarga besar Mutiara Hati yang telah memfasilitasi suksesnya Porsadin.

"Alhamdulillah Porsadin ini kami nilai sukses, terlihat dari pembukaan ini. Pembukaan sukses gambaran sukses tertatanya pembagian kerja secara apik. Dan kami yakin sukses hingga akhir karena panitia bukan asing di mata kami. Tahun ini Payakumbuh diamanahi tuan rumah pelaksanaan Porsadin tingkat Provinsi Sumatera Barat di akhir Maret ini. Mari kita sukseskan bersama - sama dengan sangat kebersamaan,"sebut Ul Fakhri.

"Dengan bersama mengucapkan Basmallah, porsadin tingkat Kota Payakumbuh kita buka secara resmi,"tukuk Ul Fakhri sembari tekan bel bersama Kepala Kankemenag dan panitia disaksikan hadirin, juga civitas Mutiara Hati.

Usai dibuka secara resmi, para panitia tampak tempati lokasi lomba sebagaimana yang telah ditetapkan. Setidaknya ada beberapa lomba yang akan dilombakan, diantaranya pidato Bahasa Arab, CC, kaligrafi, hafidz juz 30, MTQ, muratal wal imla', pidato Bahasa Indonesia dan puisi islami, dipusatkan di Mutiara Hati.

Di cabang olahraga dilombakan sprint. Untuk cabang badminton dan tenis meja ditempatkan di GOR Pemkab Limapuluh Kota.(ul)