SDN 02 Payakumbuh Gali Potensi Raih Prestasi

Oleh : 
Nikmat Elva, M. Pd.

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

SD Negeri 02 Payakumbuh kembali mengukir prestasi. Secara langsung Kepala Sekolah,  Ideswal, S. Pd memberi ucapan selamat kepada segenap siswa yang mewakili lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jumat (01/02/2019). Kegiatan lomba ini merupakan agenda tahunan yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI melalui proses berjenjeng tingkat kecamatan, kabupaten/kota, propinsi, sampai ke nasional.

Dari kegiatan lomba bidang studi matematika dan IPA yang diselenggarakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh pada tanggal 29/01 kemaren, 5 orang siswa SDN 02 Payakumbuh terpilih mewakili kecamatan Payakumbuh Barat sebagai peringkat 1, 2, dan 3 untuk bidang IPA secara berurut atas nama Alifa Zahra Hawary, Zahratus Syifa, dan Jihan Angela Putri. Selanjutnya untuk bidang studi matematika memperoleh ranking 2 dan harapan yang diraih oleh Rahmat Dwiyan Fahrezi dan Latifah Annisa. Peserta terpilih akan dibina secara langsung oleh tim pelatih Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh melalui TC dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten.

Selain itu, penghargaan senada juga diberikan kepada Nikmat Elva, M.Pd salah seorang guru yang masuk nominasi 3 besar lomba Guru & Tenaga Kependidikan (GTK) berprestasi tingkat kota Payakumbuh tahun 2019.  

Selaku kepala sekolah,  Ideswal menghimbau setiap siswa maupun guru untuk mengembangkan potensi diri agar senantiasa berprestasi. Hal ini disampaikan sebagai motivasi dihadapan majelis guru dan siswa usai kegiatan upacara dan Jumat Bergema. Setiap prestasi yang muncul akan selalu diapresiasi oleh pimpinan dan warga sekolah. Kegiatan apresiasi dan pemberian penghargaan serta motivasi ini disampaikan pada hari Senin dan hari Jumat setelah upacara. Hampir setiap minggunya pengumuman  prestasi ini disampaikan. Berbagai lomba dan kompetisi yang diikuti siswa maupun guru, akan diposting dan disebar malalui media sosial sepeti grup watshaaps sekolah maupun paguyuban kelas. Hal ini dilakukan bukan untuk euforia, melainkan menjadi semangat untuk sukses dan berprestasi.

Semoga motto sekolah yakni sekolahnya "Sang Juara" senantiasa terus meningkat. Tahun sebelumnya, sekolah ini telah menuai banyak prestasi baik secara akademik maupun non akademik tingkat Kota, propinsi sampai ke tingkat nasional, termasuk kepala sekolah yang merupakan kepsek berprestasi dan finalis base practice mewakili propinsi Sumbar ke tingkat Nasional tahun 2018 yang lalu.(ul)