Pejabat Eselon III, Kakanwil Kemenag Sumbar Sampaikan Pesan Penting

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Usai menggelar rapat kerja dengan pejabat Eselon III di jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Kakanwil Kementerian Agama H. Hendri selaku pejabat Eselon II pada Jumat (18/01/2019) melantik H. Syamsul Arifin (Kakankemenag Tanah Datar) sebagai Kabid Pendidikan Madrasah setelah ditinggal pensiun H. Artis Arjun. Kemudian Kakan Kemenag Sijunjung Drs. H. Afrizal sebelumnya menjabat  Kasi Pendidikan Diniyah Pontren Kota Solok. Sebelumnya Kepala Kemenag Sijunjung dijabat H. Afrizal (Alm). 

Dalam pelantikan yang dilaksanakan di Aula Amal Bhakti siang itu tampak dihadiri Kabag TU Irwan bersama Kabid dan pejabat dijajaran Kanwil Kemenag Sumbar yang terletak dijalan Kuini 79B Padang ini. Juga dihadiri Ketua Dharma Wanita Kanwil Kemenag Sumbar.

Usai melantik, kakanwil kemenag sumbar h. Hendri menyampaikan bahwa jabatan itu amanah, jabatan itu kepercayaan pimpinan. Jabatan  itu ujian dan bisa jadi musibah. Jabatan itu, sesuatu yang bisa mengangkat harkat dan martabat kita, jabatan itu mengangkat martabat kelurga serta  Masyarakat. Jabatan itu adalah amanah dari Allah SWT, apapun jabatan kita akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah.

Kakanwil menyampaikan beberapa harapan kepada pejabat yang baru dilantik, Pertama, melaksanakan tupoksi dengan baik, tupoksi yang tertuang dalam PMA 13 Tahun 2012. Dimana Kepala Bidang dan Kakan Kemenag adalah pembantu utama Kakanwil. 

“Untuk itu, saya harapkan bapak-bapak yang baru dilantik harus mengamalkan dan melaksanakan kebijakan Kakanwil. Apapun kebijakan Kakanwil tidak akan keluar dari kebijakan Menteri Agama”, pinta H. Hendri.

Kemudian yang kedua lanjut Kakanwil, jadilah midle manager. Sebagai midle manager Kakan Kemenag tidak boleh keluar dari garis yang telah dibuat Kakanwil sebagai top manajer. Namun perlu diingat di tempat tugas, Kakan Kemenag bertugas sebagai manager.

Yang ketiga, sebagai pembantu Kakanwil harus ada komunikasi yang intens terhadap perkembangan-perkembangan yang terjadi. Komunikasi terhadap hal-hal yang harus dilakukan bersama untuk kebaikan Kanwil Kemenag Sumbar ke depan. Bapak-bapak adalah kepercayaan utama Kakanwil, jangan sampai membuat pimpinan sendiri, bangunlah komunikasi baik melalui suara maupun media sosial,” pungkas Kakanwil.

Keempat, Loyalitas kepada pimpinan. Apapun yang bapak ibu lakukan akan dipantau 9.151 pegawai yang tersebar di Sumatera Barat. Loyalitas itu hal yang utama, sesuai dengan PP 11 tahun 2017. Kalau seseorang itu dianggap penghianat, tidak akan dipercayai menjadi pimpinan. Kelima, jadilah pelayan. Sebagai Kakan Kemenag kita akan banyak melayani tokoh masyarakat, Bupati / Walikota, DPR serta masyarakat.  Maka berikanlah pelayan yang sangat memuaskan berikan pelayan yang baik.

Terakhir Mantan Kakan Kemenag Agam dan Kota Pariaman ini, mohon dukungan kepada istri. Dukungan istri sangat diperlukan dalam kesuksesan seorang suami. Iringi suami dengan mendukung dan melaksanakan program yang ada di dharmawanita.

Selain mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang dilantik, Kakanwil juga mengucapkan terimaksih kepada Plt. Kabid Penmad, Drs. Kasmir yang sudah mengendalikan Bidang Penmad (Pendidikan Madrasah) beberapa bulan ini. Banyak ide dan masukan yang sudah disampaikan. Terima kasih juga kepada Syamsul Arifin yang telah menjabat Plt. Kakan Kemenag Sijunjung

Diakhir arahannya Kepala Kanwil menyampaikan bahwa serapan anggaran Kanwil Kemenag mencapai 95, 99 persen. Ini melebihi target nasional, dan meningkat dari tahun 2017 yang hanya mencapai 87 persen. Usai pelantikan acara dilanjutkan dengan acara Zikir Akbar di Mesjid Mambaul Iklhas Kanwil Kemenag Sumbar.(ul)