Forum Koordinasi DAS Kota Padang 2019 – 2023 Dikukuhkan


IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Wali Kota Padang diwakili Asisten Administrasi, Didi Aryadi mengukuhkan Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Padang periode 2019 – 2023 di ruang Abu Bakar Ja’ar Kantor Balai Kota Padang, Rabu (23/1/19).

Didi Aryadi mengucapkan selamat kepada pengurus Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kota Padang periode Tahun 2019 – 2023 yang baru dikukuhkan.

“Saya berharap melalui Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kota Padang ini dapat mengatasi banjir yang terjadi di Kota Padang,” harap Diri Aryadi.

Selanjutnya Didi mengatakan , melihat kondisi fisik Kota Padang, pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan hal yang sangat penting sebagai akibat terjadinya penurunan kualitas lingkungan  DAS yang disebabkan oleh pengelolaan sumber daya alam yang tidak ramah lingkungan.

“Oleh sebab itu pengelolaan DAS harus diselenggarakan melalui perencanaan, pelaksanaan, peran serta, pemberdayaan masyarakat, pendanaan, monitoring dan evaluasi, pembinaan pengawasan serta pendayagunaan sistem informasi pengelolaan DAS,”terang Didi.

Dijelaskan Didi, Kota Padang memiliki 5 DAS besar, terdiri dari 23 sungai yang mengakibatkan rawan banjir. Curah hujan besar dari 3.700 mm/tahun yang mengakibatkan punya potensi air besar.

“Kondisi ini apabila terkelola dengan baik dapat mensejahterakan Kota Padang, namun bila tidak terkelola baik dapat menjadi bencana bagi masyarakat Kota Padang,”ujar Didi.

Ditambahkan Didi, untuk menghindari terjadinya tumpang tindih pelaksanaan program antar lembaga dan terwujudnya prinsip efiensi dan efektivitas dalam mewujudkan pengelolaan DAS yang baik, perlu adanya keterpaduan kelembagaan pengelolaan DAS dengan peran serta dan pemberdayaan potensi masyarakat.

“Semoga dari FGD ini nantinya di dapatkan solusi agar pembangunan DAS terpadu di Kota Padang dapat terwujud,” imbuh Didi Aryadi.

Sementara itu Ketua pelaksana pengukuhan forum koordinasi DAS Kota Padang, Syaiful Bahri menyampaikan, tujuan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS ini adalah untuk mengaktifkan kembali fungsi Forum Koordinasi DAS Kota Padang sebagai penyalur aspirasi masyarakat terkait DAS, memberikan sumbangan pemikiran dalam mengelola DAS, membantu penyelesaian masalah/konflik yang terjadi dalam pengelolaan DAS.

Kemudian forum ini juga mengiventarisir masalah-masalah yang terjadi serta membuat rencana aksi dalam pengelolaan DAS Kota Padang ke depan melalui FGD dengan Tema “Selamatkan Kota Padang Dengan Pengelolaan DAS Terpadu”.

Susunan pengurus Forum Koordinasi DAS Kota Padang 2019 - 2023 sesuai dengan Keputusan Wali Kota Padang Nomor 44 Tahun 2019 tanggal 21 Januari 2019 terdiri dari :
Dewan Pembina : Wali Kota Padang
Dewan Pengarah : Sekda Kota Padang
Dewan Pengurus  : Berjumlah 67 orang 
Ketua : Prof.Dr.Ir.Isril Berd,SU
Wakil Ketua : Syaiful Bahri,SP
Sekretaris : Dr.Nursida,SP,MP
Bendahara : Anton Sudarwo,S.Hut 

Kepengurusan ini dibantu oleh beberapa komisi-komisi, dalam pengukuhan tersebut juga dihadiri Dandim 0312 Padang, Kapolsek Koto Tangah, Kejaksaan Negeri, PDAM Kota Padang, serta para undangan lainnya.(VN)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.