Bupati Irfendi Arbi Bangga Dengan Pemuda Jorong Piladang

IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota, --- Dalam rangka melestarikan kesenian Minangkabau dalam bidang tarik suara, pemuda Jorong Piladang, Kenagarian Koto Tangah Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru menggelar acara lomba lagu minang tingkat Sumatera Barat yang diberi nama "Piladang Voice Minangkabau Festival" di didepan pasar Piladang, Sabtu (26/1/2019).

Lomba tarik suara lagu minang tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Limapuluh Kota, H.Irfendi Arbi di dampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota, Nengsih, Kepala BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir dan dihari oleh ratusan masyarakat di Jorong Piladang dan sekitarnya.

Ketua panitia, Pitok melaporkan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemuda-pemudi Piladang tersebut bertujuan untuk melestarikan kesenian Minangkabau khususnya dibidang tarik suara, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit penyanyi lagu minang untuk nantinya dapat di kembangkan.

"Kami sengaja menggelar lomba menyanyi lagu minang ini, dengan harapan pelestarian terhadap lagu daerah kita,"ujarnya.

Ia memaparkan kegiatan lomba menyanyi tersebut nantinya akan dilaksanakan selama dua hari, dengan tiga kategori yang akan diperlombakan.

"Lomba ini terdiri dari tiga kategori yaitu kategori tingkat SD, kategori tingkat SMP dan kategori SMA / Umum yang dimulai pada hari Sabtu dan penutupan sekaligus penyerahan hadiah pada hari minggu," sambungnya.

Sementara itu, Wali Nagari Koto Tangah Batu Hampa, dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih kepada bupati Limapuluh Kota yang telah mendukung dan menghadiri langsung kegiatan lomba menyanyi tersebut.

"Terimakasih  pak, disela kesibukan bapak dalam menjalankan tugas bisa menghadiri acara yang diselenggarakan oleh pemuda-pemudi di Nagari kami ini pak," ujarnya.

Dikesempatan itu dirinya juga mengapresiasi bupati Limapuh Kota yang terus mendukung serta terus mengembangkan sanggar - sanggar kesenian di Kabupaten Limapuluh Kota dalam rangka melestarikan kebudayaan Minangkabau di Kabupaten Limapuluh Kota, khsusus di Nagari Koto Tangah Batu Hampa.

Terakhir dirinya berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan minat generasi muda untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian Minangkabau khususnya dalam bidang tarik suara.

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota, H.Irfendi Arbi dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh pemuda-pemudi di Jorong Piladang ini.

"Saya sangat bangga kepada pemuda di Jorong Piladang ini, sebab pemuda-pemudi dijorong ini sangat peduli akan kebudayaan dan kesenian di Minangkabau,"ujarnya.

Dirinya berharap kegiatan yang positif ini dapat hendaknya terus dikembangkan dan diselenggarakan tiap tahunnya sehingga nantinya dapat menjadi agenda tahunan di daerah tersebut.

"Lagu minang ini sangat menyentuh kita semua, kita berharap dengan kegiatan ini bisa berlanjut tiap tahunnya dan lebih baik kedepannya, sehingga kegiatan ini dapat dijadikan wadah dan media untuk mengambangkan bakat penyanyi khususnya lagu minang di Kabupaten Limapuluh Kota,"pungkas orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota tersebut.(ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.