Andi Amir: Peran Pokja Penting Dalam Percepatan Pembangunan Kampung KB

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Perkembangan Kampung KB Pagang Berseri, Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo tidak terlepas dari peran pokja-pokja yang memahami perannya dalam percepatan pembangunan di kawasan tersebut. Untuk mendorong fungsi optimal pokja yang terdiri dari kader-kader PKK tersebut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus memberikan peningkatan kapasitas.

"Fungsi pokja Kampung KB adalah untuk percepatan pembangunan melalui program-program yang diluncurkan pemerintah, diantaranya program kesehatan dan peningkatan kesejahteraan. Seiring dengan tujuan pembentukan kampung KB untuk meningkatkan kwalitas hidup masyarakat dengan melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pembangunan sektor terkait lainnya untuk mewujudkan keluarga yang berkwalitas," kata Andi Amir selaku pemateri dalam pembinaan pokja Kampung KB se-Kota Padang saat memaparkan fungsi pokja di Kampung KB Pagang Berseri, Kecamatan Nanggalo, Senin (21/1/2019)

Menurut lurah yang sukses membesut Kampung KB Berok Gunung Pangilun itu, Program Kampung KB ini sebagai upaya pembangunan untuk mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dan masyarakat. Program Kampung KB berintegrasi dengan program lainnya  sehingga menjadi wahana pemberdayaan masyarakat di wilayah yang sebelumnya tertinggal.

" Dengan program yang terpadu dan terintegrasi dengan program lainnya akan berdampak meningkatnya kwalitas hidup masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andi Amir mengatakan, membangun sumber daya manusia dimulai dari keluarga. Untuk itu, BKKBN perlu meningkatkan kualitas keluarga melalui penguatan penyuluh keluarga berencana (PKB) dan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB), dan OPD KB di Kampung KB dengan memberikan bimtek. Sehingga mereka memahami alur dan tujuan program KKBPK.

"Keberhasilan Kampung KB diukur dari aktifnya lintas sektor dalam pembangunan dengan melibatkan masyarakat sebagai objek dan subjek," ujarnya.

Adapun Kampung KB Pagang Berseri dibentuk  sejak 2017 lalu hampir bersamaan dengan kampung KB Berok Madani.  Kedua daerah tersebut mengalami kemajuan signifikan karena ditangani lurah dan camat dibantu pokja-pokja yang memahami dari tujuan dibentuknya kampung KB. Daerah yang dulunya tidak memiliki akses jalan yang memadai sekarang sudah punya jalan representatif, bahkan sekarang sudah berdiri sebuah kampus perguruan tinggi yang secara praktis turut mendorong peningkatan kwalitas kehidupan masyarakatnya. 

"Contohnya Kampung KB Pagang Berseri ini,sebelumnya memiliki jalan tidak memadai dan banyak rumah tidak layak. Sekarang berkembang menjadi kawasan yang memiliki sarana jalan yang baik, bahkan ada kampus. Ini semua berkat semangat pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pokja dan dipimpin camat yang memberi perhatian serius terhadap pembangunan daerah yang terpinggirkan," papar Andi Amir.

Lurah terbaik kota Padang 2018 itu juga memberikan contoh kemajuan kampung KB Berok di wilayah yang dipimpinnya. Kampung KB Berok sekarang didapuk sebagai proyek percontohan Provinsi Sumatera Barat. "Itu semua berkat pokja-pokja yang selalu aktif menjalankan program-program peningkatan kesejahteraan dan pelayanan terpadu untuk kesehatan," tukuk Andi Amir.(dr)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.