Puskesmas Alai Gunung Pangilun Laksanakan MMD

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Perwakilan masyarakat Kelurahan Gunung Pangilun dan Kelurahan Alai Parak Kopi bersama petugas Puskesmas membahas masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri, Kamis (13/12/2018). Dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa/Kelirahan (MMD/K) yang merupakan program Kementerian Kesehatan ini juga direncanakan penanggulangan terhadap masalah tersebut.

Kepala Puskesmas Alai Gunung Pangilun Drg. Hj. Yenni menjelaskan, tujuan dilaksanakannya MMD agar masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayahnya. Kemudian masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga dan Poskesdes.

"Selanjutnya masyarakat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, melaksanakan desa siaga dan poskesdes," kata Yenni.

Tindak lanjut MMD, diterangkan Yenni, kader/tokoh masyarakat membantu lurah menyebarkan hasil musyawarah berupa rencana kerja penanggulangan masalah kesehatan dan membantu menindaklanjuti untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Agar dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik maka sebelum membahas di dalam MMD/K, puskesmas harus menyusun rencana kegiatan yang tertuang dalam rencana tahunan dan rencana lima tahunan. Perencanaan ini harus disusun dengan mempertimbangkan hasil analisa dari sisi pandang masyarakat yang dilakukan melalui Survey Mawas Diri (SMD).

Survei Mawas Diri adalah kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi masyarakat, serta potensi yang dimiliki masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. Potensi yang dimiliki antara lain ketersediaan sumber daya, serta peluang – peluang yang dapat dimobilisasi. 

"Hal ini penting untuk diidentifikasi oleh masyarakat sendiri, agar selanjutnya masyarakat dapat digerakkan untuk berperan serta aktif memperkuat upaya-upaya perbaikannya, sesuai batas kewenangannya, terang Yenni.

Kegiatan Survei Mawas Diri di wilayah kerja Puskesmas Alai Gunung Pangilun telah dilaksanakan pada tanggal sejak menjelang pertengahan 2018 lalu. Hasil SMD tersebut yang hari ini dibahas, bertempat di Aula LPM Gunung Pangilun.

"Yang kita bahas hari ini adalah peningkatan pola hidup bersih dan sehat guna mengatasi penyakit ssperti Demam Berdarah, Tuberkulosis termasuk peningkatan realisasi Imunisasi Dasar Lengkap (IDL)," ssbutnya.

Lurah Gunung Pangilun  Andi Amir dalam kesempatan ini  menyampaikan materi terkait tingkat kesadaran masyarakat yang harus terus distimulasi.

"Kita menghadirkan para kader dan tokoh masyarakat Gunung Pangilun agar dapat mencermati dan membahas hasil survei," ujar Andi Amir.

Lurah berharap dengan antusiasnya warga menunjukkan tingkat partisipasi masyarakat yang baik. "Kita berharap kesemoatan ini akan mengasah kader-kader dalam.

"Itu gunanya kita hadirkan para kader supaya pemahaman tentang potensi ancaman penyakit di lingkungan.

Acara di hadiri juga oleh Camat Padang Utara di Wakili Kasi Kesos dan Lurah Alai Parak Kopi serta Ketua LPM, Perwakilan RT/RW dan PKK di 2 kelurahan yaitu alai parak kopi dan gunung pangilun. (aa)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.