Pemko Payakumbuh Rangkai Peringatan Hari Ibu dengan HUT DWP

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Pemko Payakumbuh Peringatai Hari Ibu Ke 90 tahun 2018 melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2 KB) Kota Payakumbuh, selaku leading sector. Peringatan Haru Ibu (PHI) dilangsungkan di Gedung Serba Guna GOR M. Yamin Kubu Gadang Kota Payakumbuh, Kamis (13/12/2018). 

Dan Peringatan Hari Ibu ke 90 ini juga turut bersamaan dengan dilaksanakan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ke 19 Kota Payakumbuh. Tema yang diusung pada PHI ke 90 ini, bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa. 

"Hakekatnya Peringatan Hari Ibu ini setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna hari ibu sebagai sebuah memontum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yqng tidak dipisahkan dari sejarah perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa indonesia", ungkap Sekda Amriul, dalam sambutan Menteri Perlindungan Perempuan dan Pemberdayaan Anak.

Hari Ibu Indonesia lahir dari pergerakan bangsa Indonesia, dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaannya. 

Keterlibatan perempuan dibuktikan melalui kongres perempuan pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia. Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan yg bersejarah itu, PHI ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari Nasional bukan hari libur.

"Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengingatkan kita semua untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan, dan PHI ini juga dimaksudkan untuk mempertebal semangat semua komponen masyarakat mencapai kemajuan di berbagai bidang pembangunan", ungkap Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua GOW Kota Payakumbuh,  Machdalena Erwin Yunaz.

Dan dengan mengusung tema meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa, maka diharapkan dapat mendorong peningkatan peran serta kemitraan antara perempuan dengan laki-laki dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mengisi dan melanjutkan perjuangan kemerdekaan.

"Jika kita lihat bersama sekarang, tuntutan seorang ibu itu semakin lama semakin berat, dan dari perkembangan dunia dan masyarakat yang semakin global sehingga membuat tantangan juga semakin banyak, terutama dalam faktor-faktor atau pengaruh yang berlomba-lomba dalam mempengaruhi kita sebagai ibu dalam membesarkan anak, sebagimana dalam pengaruh seperti narkoba, judi, pergaulan bebas dan banyak lagi penyakit masyarakat lainnya", ungkap penasehat organisasi wanita Henny Zubir.

Perhatian seorang ibu terhadap anaknya sangat dibutuhkan sekali di jaman yang sudah sangat berkembang seperti saat ini, dan peran seorang ibu bukan cuma hanya peran ala kadarnya, yang hanya melahirkan dan merawat hingga sang anak dewasa. Peran ibu yang sebenarnya ialah melihat dan menjaga kembang tumbuh anak agar terhindar dari hal negatif yang pada jaman globalisasi ini sungguh sangat banyak sekali rintangannya. Dan bukan cuma hanya ibu saja yang memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak, sang ayah pun harus ikut berperan dalam menjaga tumbuh kembang anak agar kelak dapat tumbuh menjadi anak yg terhindar dari hal-hal negatif, karna itu ibu dan ayah harus selalu bergandeng tangan dalam merawat tumbuh kembang anak sampai dia tumbuh besar.

Untuk PHI ke 90 tahun 2018 ini, turut diberikan penghargaan kepada 2 orang perempuan inspiratif kota Payakumbuh yang ikut berperan serta dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya, dengan pengabdian yang tinggi dan ikhlas tanpa mengharapkan balas jasa, dan juga mampu memberdayakan perempuan sekitarnya sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi perempuan itu. Penghargaan itu diberikan kepada Rahmi, S. Pt, MP yg berasal dari kelurahan Talang, kecamatan Payakumbuh Barat, bergerak di bidang samoro food sehingga dapat memberdayakan kelompok dasawisma dan PKK di sekitar.(ul)

Dan Peringatan Hari Ibu ke 90 ini juga turut bersamaan dengan dilaksanakan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ke 19 Kota Payakumbuh. Tema yang diusung pada PHI ke 90 ini, bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.