Noverdi, "Serahkan Hadiah Lomba Lurah Berkompetensi dan Kel. Berprestasi

IMPIANNEWS.COM (Bukit Tinggi). 

Walikota Bukittinggi yang diwakili oleh Asisten I Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Bukittinggi Noverdi, di aula utama lantai tiga Balaikota menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Kompetensi Lurah dan pemenang Kelurahan Berprestasi tingkat Kota Bukittinggi, Kamis (27/12).

Para peserta lomba perupakan utusan dari masing – masing Kecamatan yang ada di Bukittinggi. Keluar sebagai pemuncak pada Lomba Komptensi Lurah adalah, Terbaik I M.Nur Lurah Manggis Ganting Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Terbaik II adalah Riza Novelda Lurah Kayu Kubu Kecamatan Guguk Panjang dan Terbaik III adalah Muhibburrahim Lurah Parit Antang Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh.

Sedangkan pemuncak pada kegiatan penilaian Kelurahan Berprestasi adalah, Terbaik I diraih Kelurahan Manggis Ganting Kecamatan MKS, Terbaik II Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah dan Terbaik Iii adalah Kelurahan Parit Antang kecamatan ABTB.

Dalam sambutannya Noverdi mengatakan bahwa, tujuan daripada penilaian kelurahan berprestasi ini adalah untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan  kewilayahan dan kemasyarakatan berdasarkan Permendagri Nomor : 81 tahun 2015 tentang Evaluasi  Perkembangan Desa dan Kelurahan. Sedangkan penilaian Kompetensi Lurah merujuk kepada Peraturan Gubernur Sumbar tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Kompetensi Lurah Tingkat Sumatera Barat, katanya.

Kemudian ditambahkan bahwa, Kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan dalam pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan langsung terhadap masyarakat, untuk itu Lurah sebagai pemegang kendali dituntut mempunyai kompetensi yang maksimal dalam penyelenggaraan pemerintahan. Lurah dan Kelurahan yang keluar sebagai terbaik I berhak untuk mewakili Bukittinggi ke Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2019 yang akan datang, sebutnya.

Pelaksanaan penilaian lomba Kompetensi Lurah dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2018 dengan mekanisme penyampaian ekspose dan wawancara yang mendalam oleh tim sementara penilaian kelurahan berprestasi tingkat kota Bukittinggi dilakukan pada tanggal 14 s/d 18 Desember 2018 dengan 2 tahap yaitu penilaian Mandiri dan Terpadu ke lapangan.

Kepada pemenang diberikan hadiah dan reward, untuk Lomba Kompetensi Lurah terbaik I memperoleh Piala dan Hadiah uang sejumlah Rp.7.500.000,- terbaik II memperoleh Piala dan uang tunai sebesar Rp. 3.500.000,- dan terbaik III memperoleh piala dan uang sebesar Rp,2.500.000,-sedangkan pemenang lomba Kelurahan Berprestasi untuk terbaik I memproleh piala dan uang sebesar Rp.35.000.000,- untuk terbaik II memperoleh piala dan uang sebesar Rp.10.000.000,- sedangkan terbaik III memperoleh hadiah berupa piala dan uang sejumlah Rp,10.000.000,- (Sy)