Nagari SITAPA Juara I Lomba KIP. Berikut Instansi yang Meraih Juara Optimalisasi UU No 14 Tahun 2008 di Sumbar

Foto Bersama Peraih peringkat satu  badan publik  se-Sumatera Barat  dan pemberian penghargaan langsung oleh Plt Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu) Kemendes PDTT Aisyah Gamawati , mewakili Mendes PDTT pada acara Anugerah Komisi Informasi Sumbar
IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota, --- Setelah melalui serangkaian proses penilaian di seluruh badan publik berdasarkan amanah Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada Selasa (11/12/2018) Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat mengumumkan hasil penilaian implementasi terhadap UU tersebut. 

Dari hasil penilaian yang disampaikan panitia di Kyrad Hotel Bumi Minang Padang, panitia menetapkanlah Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang (Sitapa) Kecamatan Luak Kabupaten Limapuluh Kota sebagai Peringkat Satu Kategori KIP di Nagari / Desa  se Sumatera Barat Tahun 2018.

Penghargaan diberikan secara langsung kepada pejabat pemerintahan Nagari dan pemenang dari kategori lainnya oleh Plt Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu) Kemendes PDTT, Aisyah Gamawati mewakili Mendes PDTT RI pada acara Anugerah Komisi Informasi Sumbar.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, Syamsu Rizal dalam apresiasinya menyebutkan bahwa Prestasi yang diraih ini berkat kerja keras Pemerintahan Nagari dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik serta trasnparansi di Nagari, karna informasi publik merupakan hak seluruh masyarakat .

“ Komitmen Keterbukaan Informasi oleh Pimpinan Badan Publik adalah energi, untuk mendeklarasi proses pencerdasan bangsa dan partisipasi publik”.

Dikatakan Syamsu Rizal, atas raihan yang telah dicapai ini, kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak terutama Walinagari yang berkomitmen mewujudkan keterbukaan informasi publik di nagari, PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ) nagari yang telah bekerja sesuai amanah yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang akan dipublikasikan ke masyarakat. Terimakasih juga kepada Camat Luak beserta seluruh jajaran, Kominfo Limapuluh Kota beserta seluruh jajarannya yang selalu mendukung dan membina  Nagari dalam melaksanakan praktek pemanfaatan Teknologi Informasi  Sistem Informasi Nagari (openSID) sebagai media informasi berbasis website di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. 

Sementara, camat luak Muftil Wahyudi dalam.keterangannya kepada media, Rabu (12/12/2018) menyampaikan terima.kasih kepada Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat yang telah membimbing dan membina kami dalam menciptakan serta mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik di nagari berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku tentang informasi publik yang sebelumnya kami meraih Peringkat Empat se Sumatera Barat  Tahun 2017 dan tahun ini 2018 menjadi Peringkat Satu Sesumatera Barat. 

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada Pemkab 50 Kota beserta jajaran terkait dan Pemerintahan Kecamatan dan Kenagarian,"terang Camat.

Sebelumnya panitia pelaksana penilaian menerangkan bahwa proses penilaian yang dilakukan Komisi Informasi Sumatera Barat :

Pendistribusian  Kusioner (SAQ) indikator  yang diisi oleh  Badan Publik serta melengkapi bukti data / dokumentasi sesuai kusioner yang di isi tersebut, (bobot nilai 30%) Verfikasi Website Badan Publik (Nagari) sesuai Kusioner (SAQ) Indikator penyampaian informasi di Website nagari (bobot nilai 30%) Kunjungan langsung Komisi Informasi Sumatera barat ke Badan Publik / Nagari ( bobot nilai 40% )

Berikut tiga besar terbaik Anugerah KIP Sumbar 2018  :

Kategori BUMN/BUMD Se-Sumbar
1. BPJS Ketenagakerjaan Sumbar
2. PT Semen Padang
3. BPJS Kesehatan Sumbar

Kategori Kabupaten/Kota se-Sumbar
1. Kabupaten Pesisir Selatan
2. Kota Bukittinggi
3. Kabupaten Tanah Datar

Kategori KPU Kabupaten/Kota Se-Sumbar
1. KPU Kabupaten Pessel
2. KPU Kabupaten Sijunjung
3. KPU Kota Sawahlunto

Kategori Nagari/Desa se-Sumbar
1. Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Limapuluh Kota
2. Nagari Sungayang, Tanah Datar
3. Nagari Lunang Tigo, Pessel

Kategori Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumbar
1. Bawaslu Kabupaten Pessel
2. Bawaslu Kota Pariaman
3. Bawaslu Kabupaten Solok

Kategori SKPD Provinsi Sumbar
1. RS Jiwa Prof HB Saanin
2. RSUD Kota Pariaman
3. Dinas Komunikasi & Informatika Prov Sumbar

Kategori SMA/SMK/MAN se-Sumbar
1. SMAN 1 Batusangkar
2. SMAN 2 Tilatang Kamang
3. SMAN 1 Sawahlunto

Kategori Instansi Vertikal se-Sumbar
1. Badan Pusat Statistik Prov Sumbar
2. Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Prov Sumbar
3. Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Padang

Kategori PTN/PTS se-Sumbar
1. Universitas Negeri Padang
2. Institut Seni Indonesia
3. Politeknik Negeri Padang

Ucapan selamat dari berbagai rekanan dan jawatan tampak disampaikan kepada pemerintahan nagari tanjung haro sikabu - kabu padang panjang. Baik langsung maupun melalui media sosial. Bahkan tampak ada kenagarian tetangga yang ingin belajar dari kenagarian sitapa.(ul)



[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.