KOTA PAYAKUMBUH RAIH PENGHARGAAN ANUGERAH PARAHITA EKAPRAYA

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Pemerintah Kota Payakumbuh kembali meraih Penghargaan bergengsi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 Kategori Utama, tingkat pemerintah daerah. Penghargaan diterima langsung Walikota Payakumbuh Riza Falepi di Istana Wakil Presiden, Rabu (19/12).

Walikota Riza Falepi menerima langsung Penghargaan APE dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise dan disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf. Bersama Kota Bukittinggi, Payakumbuh menjadi yang terbaik untuk ketegori Kab/Kota di Sumatera Barat. 

Penganugerahan ini diberikan oleh pemerintah kepada Kementerian/ Lembaga/ Pemda yang memiliki komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam program dan kegiatan kementerian/lembaga/Pemda, serta memiliki inovasi dalam penerapan kesetaraan gender, serta melakukan pembinaan Pengarusutamaan Gender ( PUG) kepada K/L lainnya dan pemerintah daerah.

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla menegaskan penghargaan ini merupakan wujud nyata dan pengakuan akan peran serta kontribusi kaum perempuan yang semakin besar dirasakan dewasa ini. Perempuan tidak lagi banyak berkiprah dirumah saja,  Akan tetapi telah berkiprah diberbagai bidang kehidupan dan bahkan menorehkan prestasi yang tidak kalah membanggakan.

“Ibu mempunyai perbedaan tugas pada masa lalu dan sekarang akibat teknologi. Dulu ibu kita menghabiskan setengah, bahkan sepanjang hari untuk mengurus rumah tangga. Sekarang mungkin hanya sejam,” kata Wapres sembari mengingatkan bahwa tugas utama kaum perempuan sebagai ibu rumah tangga jangan pula terabaikan. 

Walikota Payakumbuh dihubungi pasca menerima penghargaan tersebut mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak terutama kaum perempuan Payakumbuh yang telah menunjukkan eksistensinya dan berpartisipasi aktif menyukseskan pembangunan. 

"Kalau kita lihat hari ini, volume kegiatan kaum ibu terkadang melebihi volume kerja kita kaum Bapak. Seperti ibu-ibu PKK misalnya, saya dapat laporan, hampir sebagian besar kegiatan di kelurahan kelurahan penggeraknya adalah kaum Ibu. Kalau dak bergerak kaum Ibu, dak jalan aktivitas kelurahan tersebut," ujar Walikota Riza Falepi. 

Hal yang sama dirasakan Riza ketika melihat aktivitas Ketua Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh yang notabenenya adalah Istri Walikota sendiri. Dikatakan,  kadang agenda dan kesibukan diluar rumah bisa lebih banyak dari pada walikota. 
"Jika tidak dibatasi, mungkin kegiatan ibuk diluar lebih banyak dari saya sebagai walikota. Jadi memang kiprah kaum perempuan saat ini sungguh sangat banyak. Selagi produktif Dan memberi manfaat bagi orang banyak tentu kita akan selalu dukung," ujar Riza. 

Tak lupa, Walikota Riza mengucapkan terim kasih kepada semua pihak, baik OPD terkait, berbagai organisasi perempuan yang telah aktif berkiprah membantu Pemko Payakumbuh menyukseskan agenda pembangunan. 

"Semoga dengan penghargaan ini semangat kaum Ibu Payakumbuh semakin besar untuk terus berkiprah di bidang masing-masing, memberi yang terbaik yang dimiliki, demi kemajuan kota kita tercinta Ini,  apalagi sebentar lagi kita akan memperingati Hari ibu, tentu hadirnya penghargaan ini sebagai kado spesial bagi kaum Ibu Payakumbuh," pungkas Riza.

Payakumbuh sendiri berada diperingkat ke 6 secara nasional untuk kategori pemerintah daerah. Penghargaan APE sendiri  merupakan apresiasi sekaligus implementasi dari Peraturan Menteri PPPA RI No. 7 tahun 2018 yang merupakan perubahan atas permen PPPA No. 9 tahun 2015 tentang Indikator Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (ul)

Payakumbuh sendiri berada diperingkat ke 6 secara nasional untuk kategori pemerintah daerah. Penghargaan APE sendiri merupakan apresiasi sekaligus implementasi dari Peraturan Menteri PPPA RI No. 7 tahun 2018 yang merupakan perubahan atas permen PPPA No. 9 tahun 2015 tentang Indikator Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.