Forikan Akan Gelar Lomba Masak Serba Ikan

IMPIANNEWS.COM (Dharmasraya).

Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) menggandeng Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya akan menyelenggarakan berbagai lomba masak serba ikan. Kegiatan tersebut akan dilangsungkan di Auditorium komplek kantor bupati pada Selasa 12 November 2018 ini. Selain itu, juga akan dilakukan pemberian kudapan serba ikan bagi anak PAUD di Kecamatan Pulau Punjung.

Ketua Umum Forikan Kabupaten Dharmasraya Ny. Dewi Sutan Riska menjelaskan, ada dua katagori lomba yang akan digelar dalam acara tersebut, yaitu lomba masak serba ikan yang akan diikuti oleh TP PKK kecamatan dan lomba olahan serba ikan yang akan diikuti oleh peserta dari kalayak umum. "Pemenangnya kita sediakan hadiah yang menarik. Dan khusus untuk pemenang lomba olahan serba ikan akan mendapat pembinaan khusus dari Dinas Pangan dan Perikanan," kata Dewi.

Untuk lomba masak serba ikan yang akan diikuti oleh 11 utusan kecamatan, kriteria penilaiannya adalah rasa, penyajian, garnis dan nilai gizi. Sementara untuk lomba olahan serba ikan, kriteria penilaiannya adalah rasa dan kemasan. Kedua jenis lomba hanya menampilkan display di meja yang disediakan oleh panitia. "Jadi masakan dan olahan ikan yang sudah jadi, bukan cara memasaknya," jelas isteri bupati Sutan Riska ini.

Lebih jauh ibu dua putra itu mengatakan, pemenang lomba, selain akan menerima hadiah menarik dan pembinaan khusus dari Dinas Pangan dan Perikanan, juga akan mewakili Kabupaten Dharmasraya dalam lomba tingkat povinsi Sumatera Barat tahun depan. Oleh sebab itu, Dewi menghimbau agar warga Dharmasraya lebih banyak mengikuti lomba yang akan jadi kalender tahunan ini.

Dalam kesempatan itu, Dewi juga menjelaskan bahwa tahun 2018 ini Kabupaten Dharmasraya berhasil meraih juara pertama dalam acara lomba masak serba ikan yang digelar di istana gubernur di Padang untuk katagori menu Balita. Oleh sebab itu, Dharmasraya akan mewakili Sumatera Barat pada lomba masak serba ikan tingkat nasional pada tahun depan. "Kemarin kita kirim delegasi untuk meninjau pelaksanaan lomba masak serba ikan tingkat nasional di Jakarta. Supaya meraka dapat menyiapkan diri dengan baik," tegas Dewi. (bw)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.